Bus Trasnjakarta ilustrasi. Foto: Media Indonesia.
Bus Trasnjakarta ilustrasi. Foto: Media Indonesia.

DPRD Minta Manajemen Transjakarta Menekan Angka Kecelakaan

Antara • 19 Mei 2022 06:17
Jakarta: Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Khoirudin meminta manajemen Transjakarta mereduksi angka kecelakaan armada bus milik perusahaan ini. Sebab, terjadi 508 kasus kecelakaan Transjakarta sepanjang 2021.
 
"Jangan-jangan tingginya angka kecelakaan karena kurangnya pembinaan akibat kurangnya anggaran. Maka kita ingin porsi anggaran signifikan agar tingkat kecelakaan bisa turun minimal 50 persen," ujar Khoirudin dikutip dari Antara, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Khoirudin juga meminta PT TransJakarta mengelola manajemen transportasi secara profesional dengan inspeksi rutin sesuai standar operasional terhadap armada bus dan pramudi. Dengan begitu, pelayanan terhadap masyarakat bisa maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mestinya TJ melakukan kontrol yang ketat sehingga angka kecelakaan tidak begitu tinggi lagi," ucap dia.
 
Baca: Dinkes DKI Jakarta Imbau Hidup Bersih Cegah Hepatitis Misterius
 
Anggota Komisi C lainnya, Eneng Malianasari, berharap Transjakarta lebih matang dalam membuat program untuk menekan angka kecelakaan. Mengingat, jumlah penumpang bus Transjakarta akan terus meningkat di era pascapandemi covid-19.
 
"Ke depan harus ada plan dan persiapan yang lebih matang lagi agar tingkat kecelakaan dapat ditekan," tutur Malianasari.
 
Sementara itu, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Mochammad Yana Aditya menjelaskan memang ada rencana kenaikan anggaran untuk pembinaan operator, dari Rp1,4 triliun di 2022 menjadi Rp3,1 triliun pada 2023. Anggaran tersebut digunakan untuk mengoptimalkan program fit to work, perbaikan tempat istirahat, dan pelatihan untuk para pengemudi.
 
"Detail di lapangan, ada check in kesiapan pengemudi tiap hari. Kedua penyiapan tempat istirahat pengemudi, agar semakin fit. Ketiga pelatihan pengemudi, karena masih banyak pengemudi yang memiliki keterampilan yang khusus untuk mengemudi dalam jalur," tutur Yana.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif