Ilustrasi pulau reklamasi - ANT/Dhemas Reviyanto.
Ilustrasi pulau reklamasi - ANT/Dhemas Reviyanto.

Anies Minta Raperda Soal Reklamasi Dibahas Lagi

Nasional reklamasi teluk jakarta
Theofilus Ifan Sucipto • 20 Juni 2019 07:54
Jakarta: Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DKPKP) Darjamuni mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah meminta DPRD DKI kembali membahas Raperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K). Aturan ini dibuat untuk mengatur pulau-pulau yang sudah terlanjur ada yakni C, D, G dan N.
 
"Itu (RZWP3K) sudah diajukan lagi oleh Pak Gubernur untuk diajukan lagi ke DPRD untuk segera dibahas ulang," kata Darjamuni di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juni 2019.
 
Dia mengaku awalnya Raperda itu bakal digunakan untuk membangun Pulau Reklamasi. Namun, revisi dilakukan untuk mengatur perizinan dan pemanfaatan ruang perairan di Teluk Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Darjamuni mengatakan nantinya Pulau Reklamasi bakal diatur dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Pasalnya, pulau tersebut sudah dianggap sebagai daratan.
 
(Baca juga:Ahok Tegaskan Pergub Buatannya Bukan Alat Penerbitan IMB)
 
Saat ini, kata dia, belum ada aturan terkait bangunan di perairan. RZWP3K bakal berfungsi mengatur perizinan wilayah perairan.
 
Dia berharap DPRD segera mengesahkan rancangan tersebut. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat di ketok (palu) agar makin jelas lagi," pungkas Darjamuni.
 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatalkan dua raperda tentang reklamasi, yaitu Raperda Rancangan Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (RTRKS Pantura) dan Rancangan Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K). Setelah pembatalan, Anies segera menyiapkan raperda baru yang isinya akan disesuaikan dengan kepentingan masyarakat dan dikaji dari sisi sosiologis, ekonomis, lingkungan, dan geografis.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif