Baznas Bazis DKI Jakarta menyediakan layanan kesehatan untuk para pengungsi korban banjir. (Foto: Dok. Istimewa)
Baznas Bazis DKI Jakarta menyediakan layanan kesehatan untuk para pengungsi korban banjir. (Foto: Dok. Istimewa)

Baznas DKI Buka Layanan Kesehatan bagi Korban Banjir

Nasional banjir jakarta BAZNAS
Eko Nordiansyah • 05 Januari 2020 21:50
Jakarta: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) atau Bazis DKI Jakarta menyediakan layanan kesehatan untuk para pengungsi korban banjir. Layanan kesehatan berada di sejumlah posko layanan bencana Baznas DKI Jakarta yang tersebar di beberapa titik di Jakarta sejak 1 Januari lalu.
 
"Jika masyarakat masih membutuhkan layanan kesehatan kita akan adakan disana, di posko pengungsi yang membutuhkan layanan kesehatan," kata Ketua Baznas DKI Jakarta Luthfi Fathullah dalam keterangan di Jakarta, Minggu, 5 Januari 2020.
 
Baznas menyiapkan tim medis yang terdiri dari para dokter, perawat, apoteker dan penyuluhan kesehatan yang dibantu oleh para relawan Tanggap Bencana Baznas Bazis DKI Jakarta. Menurutnya para petugas selalu siap membantu dan melayani masyarakat di posko-posko pengungsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu posko layanan kesehatan yang tersedia adalah di Posko Pengungsi Masjid Baitul Muslim yang sedang memberikan Layanan Kesehatan kepada para warga RW 05 dan RW 06 Kelurahan Karet Tengsin Jakarta Pusat.
 
Dirinya menambahkan, tim layanan kesehatan banyak menangani pengungsi dari kalangan ibu dan anak-anak yang membutuhkan pengobatan karena mengeluhkan batuk, pilek demam dan penyakit kulit akibat banjir.
 
"Ini adalah bentuk komitmen Baznas Bazis DKI Jakarta untuk meringankan beban dari pengungsi yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut," jelas dia.
 
Saat ini total ada sekitar 500 jiwa yang mendapatkan layanan kesehatan Baznas DKI Jakarta dari 30 posko yang telah didirikan. Meski begitu, Luthfi menyebut jumlah ini masih bisa bertembah lagi ke depannya.
 
"Jumlah ini berpotensi bertambah mengingat di beberapa posko Baznas Bazis yang masih aktif, dan di rumah warga masih terendam banjir, dan sangat membutuhkan layanan kesehatan," pungkasnya.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif