Akses Stasiun Menuju Skybridge Buka Tutup Saat Uji Coba

M Sholahadhin Azhar 07 Desember 2018 11:34 WIB
tanah abang
Akses Stasiun Menuju Skybridge Buka Tutup Saat Uji Coba
Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Akses dari Stasiun Tanah Abang ke Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau Skybridge Tanah Abang mulai diuji coba. PT KAI dan PD Sarana Jaya sepakat memberlakukan buka tutup akses saat uji coba hari ini.

"Ini buka tutup, disesuaikan kebutuhan. Untuk pertama (uji coba) ini satu jam pertama. Buka dulu satu jam, nanti ke depan akan kita sesuaikan," kata Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan di lokasi, Jumat, 7 Desember 2018.

Akses dari stasiun dibuka pukul 09.30 WIB dan ditutup pada 10.30 WIB. Kebijakan ini bertujuan mengevaluasi volume masyarakat pengguna JPM dari Stasiun Tanah Abang. PD Pembangunan Sarana Jaya membutuhkan data pasti jumlah penumpang yang memanfaatkan jembatan anyar ini.


"Setiap hari (uji coba) nanti akan ada buka tutup, kita akan lihat (evaluasi)," beber Yoory.

Selain itu, skema ini juga mengurangi beban penumpang di stasiun. Beban penumpang terbagi antara stasiun dan JPM. Yoory menyebut hal ini penting sebagai bahan evaluasi.

"Ini akses kita buka luas supaya enggak ada penumpukan penumpang di stasiun," sebutnya.

Yoory menegaskan tak ada pemberlakuan buka tutup untuk pelintasan di JPM. Masyarakat bisa melintas di jembatan anyar itu sejak pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Selain itu, Yoory menyebut uji coba JPM ini juga untuk menakar volume moda transportasi yang melintas di bawah skybridge. Bagaimana respons mereka dengan ekosistem baru di Jatibaru, Tanah Abang.

"Kita harapkan uji coba ini nanti bisa dilihat, kalau ada kekurangan-kekurangan nanti kita segera sempurnakan," tandasnya.




(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id