Pemprov DKI tak Larang atau Menganjurkan Konvoi Takbiran

M Sholahadhin Azhar 09 Juni 2018 15:18 WIB
Ramadan 2018
Pemprov DKI tak Larang atau Menganjurkan Konvoi Takbiran
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar).
Jakarta: Pemprov DKI tak menganjurkan dan tidak melarang konvoi takbir keliling oleh masyarakat. Namun demikian, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tetap mengantisipasi adanya konvoi masyarakat menggunakan kendaraan pada malam takbiran. 

"Karena ini merupakan euforia di penghujung bulan Ramadan. Memasuki hari Lebaran ini banyak yang euforia sudah 30 hari kemenangan," kata Sandi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu, 9 Juni 2018.

Sandi memerintahkan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI mengawal takbir keliling dengan konvoi menggunakan kendaraaan. "Jadi untuk konvoi-konvoi itu dilakukan dengan pengamanan, pelaporan dari Dinas Perhubungan," tuturnya.


Pengawalan konvoi takbir keliling akan diatur Dishub DKI. Sandi meminta masyarakat menaati aturan tersebut agar tak terjadi vandalisme dan anarkisme.

Terkait titik-titik konvoi, Kadishub Andri Yansyah mengaku bakal berkoordinasi dengan wali kota, Kepolisian, TNI, dan Satpol PP. Dishub tak bisa bekerja sendirian dalam pengamanan konvoi pada malam takbiran.

"Ini semua kita juga lagi inventarisir dari masing-masing. Apakah itu majelis taklim, masjid-masjid. Kita sedang menginvetarisir wilayah," katanya.

Namun Andri belum bisa membeberkan titik mana yang akan diamankan. "Setelah mendapatkan masukan, kita akan memberikan masukan apakah wilayah tersebut bisa dilalui atau tidak. Tetap nanti kita akan lakukan koordinasi dan diskusi," tandas Andri.



(HUS)