Pesepeda road bike uji coba lintasan road bike JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang tahap kedua. Foto: MI/Andri Widiyanto
Pesepeda road bike uji coba lintasan road bike JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang tahap kedua. Foto: MI/Andri Widiyanto

Pemprov DKI Tampung Aspirasi Soal Lintasan Road Bike

Theofilus Ifan Sucipto • 12 Juni 2021 08:22
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih menampung aspirasi soal penggunaan sepeda balap atau road bike di jalan protokol. Dengan begitu, peraturan yang dihasilkan mengakomodasi kepentingan semua pihak.
 
“Sekarang waktu yang baik bagi kita untuk saling memberi masukan, saran, kritik, dan rekomendasi,” kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria (Ariza) di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 11 Juni 2021.
 
Ariza mengajak komunitas pesepeda road bike maupun komunitas lainnya menyampaikan masukan. Dia ingin mendengar langsung dari masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: NasDem Tak Ingin Jalur Road Bike Jadi Ajang Pamer
 
“Kebijakan yang diambil Pemprov oleh Gubernur (DKI Jakarta Anies Baswedan) mendengarkan masukan, kritik, saran, dan rekomendasi serta dibahas bersama para ahli,” ujar dia.
 
Politikus Partai Gerindra itu mafhum terdapat pro dan kontra soal kebijakan ini. Namun, dia memastikan keputusan akhir bakal berdasarkan data dan kajian.
 
“Jadi kami sekalipun punya kewenangan tidak pernah mengambil kebijakan secara sepihak,” tutur dia.
 
Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana mengizinkan peleton pesepeda road bike melintas di jalan umum, seperti Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Namun, detail penerapannya berada di tangan Gubernur Anies Baswedan.
 
“Tunggu pergub (peraturan gubernur)," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Senin, 31 Mei 2021.
 
Sambodo membeberkan nantinya izin melintas hanya berlaku pada Senin sampai Jumat pukul 05.00 hingga 06.30 WIB. Saat ini, uji coba lintasan road bike di Jalan Sudirman-Thamrin berlaku selama 1,5 jam mulai 05.00-06.30 WIB. 
 
Uji coba tahap awal dilakukan sejak Senin, 7 Juni 2021 hingga Jumat, 11 Juni 2021. Untuk tahap uji coba, pesepeda road bike menggunakan lajur paling kiri dari jalur kendaraan bermotor. Jalur ini bersisian dengan jalur sepeda permanen yang sudah dibuat.
 
(OGI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif