Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. MI/Ramdani.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. MI/Ramdani.

Setahun, Anies Tujuh Kali Pelesiran ke Luar Negeri

Nasional kunjungan kerja
Nur Azizah • 12 Juli 2019 16:37
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan cukup sering bolak-balik ke luar negeri dalam setahun terakhir. Anies telah melakukan tujuh kunjungan luar negeri.
 
Teranyar, Anies berkunjung ke Kolombia dan Amerika Serikat. Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta Muhammad Mawardi menyebut undangan itu tak bisa diwakilkan.
 
"Termasuk yang kemarin di Argentina karena pertemuan dengan para wali kota urban U-20 kan," kata Mawardi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Lawatan Anies ke Amerika Serikat Disayangkan
 
Mawardi mengatakan Anies tak selalu memenuhi undangan yang didapat. Beberapa kali, Anies mengutus asisten gubernur hingga kepala dinas memenuhi undangan itu.
 
"Waktu itu yang acara di Bangkok juga diwakili Kadis Pendidikan DKI. Jadi banyak yang semestinya gubernur tapi diwakilkan," ujar dia.
 
Berikut daftar lawatan Anies dalam satu tahun terakhir.
 
1. Mengunjungi Casablanca, Maroko pada 18 April 2018. Anies diagendakan menghadiri acara "The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018" di Grand Hyatt Resort, Casablanca, Maroko.
 
2. Anies bertolak ke Istanbul, Turki. Anies memenuhi undangan Wali Kota Istanbul Mevlüt Uysa hingga kunjungan lapangan ke ISKI (Istanbul Water & Waste Management) pada bulan yang sama.
 
3. Anies berkunjung ke Argentina untuk menghadiri pertemuan Urban 20 Mayors Summit (U20) yang dihadiri pejabat kota-kota besar dari anggota negara G20 di Buenos Aires, Argentina, pada Oktober 2018.
 
4. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bertolak ke Singapura menghadiri konferensi mengenai pembangunan, pada 3 Mei 2019.
 
5. Anies bertolak ke Tokyo, Jepang, pada bulan yang sama. Kepergian Anies sempat jadi kontoversi lantaran kondisi ibu kota sedang genting menjelang pengumuman resmi hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif 2019. Saat itu kerusuhan pecah pada 21 dan 22 Mei.
 
6. Anies pergi ke Kolombia pada 9 Juli 2019. Ia menjadi pembicara dalam World Cities Summit yang diadakan di Medellin, Kolombia.
 
7. Anies tak langsung pulang ke Tanah Air dari Kolombia. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bertolak ke Amerika Serikat menghadiri United States-Indonesia Society (USINDO).
 
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono menyayangkan lawatan Anies ke luar negeri. Apalagi, saat ini DKI tak memiliki wakil gubernur.
 
Sejumlah tugas gubernur dialihkan ke Sekretaris Daerah Saefullah. Gembong menyebut pekerjaan sebagai sekretaris daerah cukup berat.
 
"Sekda bebannya berat ditambah masalah Jakarta yang rumit," kata Gembong saat dihubungi, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Baca: Anies Melancong ke AS Selepas dari Kolombia
 
Gembong tak yakin dua tugas dan tanggung jawab dikerjakan satu orang bisa maksimal. Apalagi Anies pergi dengan waktu yang cukup lama.
 
"Ini soal pilihan, bukan baik atau tidak baik, tapi prioritas," pungkas Gembong.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif