Ilustrasi. Foto: Branda Antaranews.
Ilustrasi. Foto: Branda Antaranews.

10 Bus AKAP Terjaring Razia di Jaktim

Nasional bus DKI Jakarta Pelanggaran Lalu Lintas Pemprov DKI Bus Wisata
Antara • 11 Mei 2022 17:49
Jakarta: Petugas gabungan menjaring sepuluh bus antarkota antarprovinsi (AKAP) saat razia terminal bayangan di Jakarta Timur, Rabu, 11 Mei 2022. Sebanyak empat bus AKAP di antaranya ditemukan di perempatan Pasar Rebo, Ciracas, dan seluruhnya diberikan tindakan sanksi tilang.
 
Kasi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Perhubungan Jakarta Timur Riki Erwinda mengatakan lima bus lainnya terjaring di Jalan Mabes Hankam sisi selatan. Sebanyak empat diberikan sanksi tilang dan satu di antaranya dihentikan operasinya.
 
"Selanjutnya satu armada ditilang di exit tol Cakung Barat karena kedapatan menurunkan penumpang bukan pada tempatnya," kata Riki di Jakarta, Rabu, 11 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Korban Kebakaran Pasar Gembrong Dipindahkan Sementara ke Rusun CBU
 
Ia menerangkan pelanggaran bus yang terjaring antara lain buku kir sudah mati atau kadaluarsa. Kemudian, bus tersebut tidak sesuai peruntukannya. Izinnya adalah bus pariwisata, namun digunakan untuk trayek mengangkut arus mudik lebaran.
 
"Ini untuk memberikan efek jera agar mereka tidak melakukan pelanggaran di kemudian hari. Di samping juga untuk memberikan pelajaran pada awak bus atau PO Bus lain agar tidak melakukan pelanggaran," ujar Riki.
 
Ia mengatakan razia tersebut melibatkan 15 personel dari Sudin Perhubungan Jakarta Timur dan Satwil Lantas Jakarta Timur. Operasi gabungan itu dilakukan dalam rangka antisipasi adanya terminal bayangan setelah arus balik libur lebaran.
 
"Operasi dilakukan mulai pukul 05.30 WIB dengan menyisir sejumlah titik yang disinyalir sebagai terminal bayangan," ungkap dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif