Razia kendaraan. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi.
Razia kendaraan. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi.

Razia Kendaraan Ditiadakan saat Lebaran

Nasional Ramadan 2019
Candra Yuri Nuralam • 04 Juni 2019 15:21
Jakarta: Kepolisian tidak akan melakukan razia kendaraan selama hari raya Lebaran. Polisi hanya menjalankan operasi ketupat saat hari raya Idulfitri 1440 Hijriah.
 
"Saat ini masih dalam operasi ketupat 2019. Untuk razia secara khusus tidak ada," kata Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir kepada Medcom.id, Selasa 4 Juni 2019.
 
Kendati tidak ada razia, ini bukan berarti masyarakat bebas melanggar peraturan. Nasir mengimbau masyarakat tetap tertib berlalu lintas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun bila terjadi pelanggaran lalu lintas yang fatalitas akan dilakukan penegakan hukum dengan tilang, seperti tidak pake helm, tidak pake seat belt, bonceng lebih dari satu, lawan arus dan lainnya," ujar Nasir.
 
Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan Idulfitri atau 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Ini berdasarkan pantauan hilal di 105 titik.
 
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebut dari pantauan pada Senin, 3 Juni 2019, posisi hilal ada di -1 derajat 26 menit sampai dengan -0 derajat 6 menit. Hilal berada di bawah ufuk. Tak hanya itu, dari tim rukyat yang ditugaskan melihat hilal di 34 provinsi tak satu pun melihat hilal.
 
Baca: 850 Petugas Dishub Kawal Takbiran Keliling
 
"Dengan dua hal tersebut sebagaimana ketentuan yang berlaku ketika hal itu terjadi maka bulan Ramadan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari itu artinya besok Selasa (4 Juni 2019) masih berpuasa dan dengan demikian 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019," kata Lukman dalam sidang isbat, Senin, 3 Juni 2019.
 
Sidang isbat dimulai dengan pemaparan pantauan hilal. Sidang dihadiri duta besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif