Kebakaran rumah di Pasar Gembrong. Dok Humas Damkar
Kebakaran rumah di Pasar Gembrong. Dok Humas Damkar

Anies: Revitalisasi Pasar Gembrong Mulai Minggu Depan

Nasional kebakaran DKI Jakarta Kebakaran Pasar Anies Baswedan Kebakaran Pasar Gembrong
Antara • 03 Mei 2022 14:33
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan perbaikan Pasar Gembrong, Jakarta Timur, dilakukan bertahap mulai minggu depan. Pasar Gembrong kebakaran pada Minggu, 24 April 2022. 
 
"Insyaallah pengerjaan revitalisasi kawasan ini segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan," kata Anies melalui akun Instagram @aniesbaswedan di Jakarta, Selasa, 3 Mei 2022.
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tidak menyebutkan anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan kawasan Pasar Gembrong. Anies menjelaskan renovasi melibatkan koordinasi serta kolaborasi berbagai pihak, mulai dari Baznas (Bazis) DKI, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perwakilan warga, juga pihak swasta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan perbaikan akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan. Selain itu, juga memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan warga.
 
"Dengan demikian, warga yang terdampak kebakaran, dapat kembali menempati hunian yang lebih baik," imbuh dia.
 
Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, ke depan pihaknya juga akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat. Antara lain sanitasi, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan, dan faktor manajemen lingkungannya.
 
Baca: Anies Yakini Jakarta E-Prix 2022 Sesuai Jadwal
 
Sebelumnya, sebanyak 400 bangunan yang terdiri dari rumah dan kios ludes terbakar dalam musibah kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Minggu malam, 24 April 2022. Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, mengatakan luas area yang terbakar sekitar 1.200 meter persegi.
 
"Objek terbakar 400 bangunan terdiri dari rumah dan pertokoan di RT 2, 3, 4, 5 dan 6 RW 01," kata Gatot.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif