Anies Diminta Segera Bangun ITF Sunter
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta segera merampungkan Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter. Ini penting, mengingat Pemprov DKI belum memiliki tempat pembuangan sampah terpadu (TPST).
 
"Saya minta Pemda segera bangun ITF. Jangan sampai jadi seperti ini (berpolemik dengan Bekasi)," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik saat dihubungi, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 Oktober 2018. 

Ia mengatakan, polemik Pemprov DKI dan Pemkot Bekasi terkait sampah terjadi hampir setiap tahun. Politikus Partai Gerindra ini tak mau masalah tersebut berlarut.
 
"Ini (ITF) harus diwujudkan di semua wilayah. Supaya DKI bisa bisa buang sampah di wilayahnya sendirinya," ujarnya.

Baca: ITF Sunter Diproyeksikan Menampung Sampah 2.500 Ton per Hari


Bantargebang diprediksi akan kelebihan kapasitas dalam tiga hingga empat tahun mendatang, sehingga pembangunan ITF dianggap mendesak.
Bila ITF Sunter selesai dikerjakan, maka kapasitas sampah yang diolah bisa mencapai 2 ribu sampai 2.200 ton per hari.
 
Jumlah itu sekitar 30 persen dari total sampah yang dihasilkan DKI, yakni sekitar 7 ribu ton. Biaya pembangunan ITF Sunter ditaksir mencapai Rp3 triliun dan ditargetkan rampung dalam tiga tahun.
 
ITF rencananya juga dibangun di tiga wilayah lainnya, yakni di Kosambi, Jakarta Barat, Marunda Jakarta Utara, serta Jakarta Timur.





(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id