Ilustrasi. Foto: MI/Susanto.
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto.

2023, Jalur Sepeda di Jakarta Bakal Dievaluasi Total

Putri Anisa Yuliani • 18 November 2022 11:06
Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana melakukan evaluasi menyeluruh terhadap jalur sepeda tahun depan. Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan perencanaan evaluasi tersebut dilakukan setelah anggaran jalur sepeda Rp7,5 miliar disetujui dalam Rancangan APBD 2023.
 
"Kita akan evaluasi secara komprehensif. Dari hasil evaluasi tentu ada hasil rekomendasi yang bisa ditindaklanjuti," ungkap Syafrin di Balai Kota, Jumat, 18 November 2022.
 
Sebelumya, anggaran jalur sepeda, untuk evaluasi hingga pembangunan jalur baru diajukan Rp38 miliar. Namun, dari pembahasan RAPBD 2023 yang cukup alot dengan DPRD, nilai yang disetujui akhirnya Rp7,5 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini kan masih dalam pembahasan. Begitu dalam pembahasan terakhir pada hari Rabu kemarin kami kembali lakukan pembahasan dengan Komisi B, itu sudah ditambahkan anggaran sebesar Rp7,5 miliar. Itu untuk kegiatannya pertama, setelah terbangunnya jalur sepeda 300 kilometer," ujarnya.
 
Ia menjelaskan, dalam melakukan evaluasi tersebut, Dishub DKI tidak bekerja sendirian melainkan bekerja sama dengan lembaga non pemerintah yang independen. Syafrin menyebutkan, untuk optimalisasi hasil evaluasi itu, disiapkan Rp5 miliar dari total Rp7,5 miliar yang disetujui DPRD DKI.
 
"Dalam anggaran sudah disiapkan misalnya bagaimana optimalisasi jalur sepeda sehingga kita perlu kampanye atau sosialisasi secara masif. Itu sudah tertampung di anggaran," jelas dia.
 

Baca: Pesepeda di Jakarta Diminta Tertib, Selalu Pakai Jalur Sepeda


Ia menyatakan evaluasi diperlukan untuk terus memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pesepeda. Evaluasi juga dilakukan berdasarkan keluhan atau saran yang berasal dari masyarakat.
 
"Misalnya keberadaan traffic cone itu juga dikeluhkan masyarakat. Nanti kita evaluasi itu juga," tuturnya.
 
Jumlah pesepeda di Jakarta meningkat sangat pesat setelah dilakukan pengembangan jalur sepeda. Sebelum ada jalur sepeda, kata dia, rata-rata 47 pesepeda di Jakarta.
 
"Setelah dilakukan pengembangan jalur sepeda, bahkan terakhir di Agustus itu 4 ribu pesepeda per hari. Tentu ada peningkatan signifikan," ujar Syafrin.
 
Alasan lainnya, evaluasi perlu dilakukan lantaran tahun ini Pemprov DKI Jakarta membangun jalur sepeda secara masif. Syafrin menargetkan ada total penambahan jalur sepeda sepanjang 301 kilometer tahun ini.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif