Ilustrasi pasar/MI/Atet Dwi
Ilustrasi pasar/MI/Atet Dwi

Stok dan Harga Pangan Strategis Jakarta Aman Jelang Lebaran

Nasional DKI Jakarta Harga Beras Pemprov DKI Bahan Pokok Ketahanan Pangan
Hilda Julaika • 19 April 2022 12:38
Jakarta: Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memastikan stok pangan strategis aman dua pekan menjelang Idulfitri 2022. Harga pangan strategis seperti beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, dan cabai keriting dipastikan terjangkau.
 
“Harga stabil untuk komoditas beras dan lainnya,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati, di Jakarta, Selasa, 19 April 2022.
 
Eli menjelaskan masyarakat dapat melakukan pemantauan harga pangan setiap hari melalui Info Pangan Jakarta (IPJ) atau aplikasi JAKI. Info Pangan Jakarta berisi informasi perkembangan harga pangan harian terhadap 37 komoditas dari 47 pasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Masyarakat juga dapat memantau melalui website foodstation yang memberikan informasi perkembangan harga beras dan stok di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC),” kata dia.
 
Menurut Eli, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya menjaga kestabilan, ketersediaan, dan terjangkaunya harga pangan menjelang Idulfitri. Upaya dilakukan melalui pendistribusian pangan subsidi seperti beras lima kilogram, daging sapi dan daging ayam satu kilogram, susu UHT 24 kotak, ikan kembung satu kilogram, telur setara satu kilogram dengan harga beli Rp126 ribu.
 
Baca: Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan Aman Hingga Lebaran
 
Selain itu, Pemprov DKI juga bekerja sama dengan BUMN seperti PT PPI untuk mendistribusikan minyak curah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14 ribu per liter. Kemudian, menggandeng BULOG Divre Jakarta Banten untuk penyediaan daging kerbau beku sebagai alternatif lain dari daging sapi.
 
“Kita memastikan ketersediaan pangan melalui optimalisasi BUMD bidang pangan dengan melakukan kerja sama antardaerah," kata dia.
 
Upaya lainnya dengan optimalisasi titik distribusi pangan yang dikelola Perumda Pasar Jaya di lima kota dan satu kabupaten. Kemudian, melaksanakan kegiatan bazar pangan di kelurahan, kecamatan, dan kota.
 
“Kami juga bekerja sama dengan Polda Metro Jaya terkait kegiatan pengawasan pendistribusian pangan serta penegakan hukum terkait pelanggaran. Selain itu, koordinasi dengan pemerintah pusat terkait kegiatan yang berhubungan dengan kestabilan stok serta harga," kata Eli.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif