Ilustrasi Kota Tua. ANT/Fany Octavianus
Ilustrasi Kota Tua. ANT/Fany Octavianus

Sejumlah Museum di Kota Tua Bakal Direvitalisasi

Nasional museum
Candra Yuri Nuralam • 18 Juli 2020 19:41
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan sejumlah museum di Kota Tua, Jakarta Barat bakal direvitalisasi. Ini untuk mendukung pariwisata.
 
“(Saya) mengecek program revitalisasi museum seni rupa, museum keramik, museum bahari, museum wayang. Ini akan jadi rancang bangun dari Kota Tua,” kata Riza di Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu, 18 Juli 2020.
 
Riza mengatakan ke depan Jakarta harus menjadi kota pariwisata kelas dunia. Dia menuturkan hal itu mesti disiapkan sejak sekarang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Gerindra itu menyebut bila Jakarta menjadi kota wisata kelas dunia maka meningkatkan ekonomi. Terutama, memperkuat kekuatan bisnis, riset, pendidikan, dan seni-budaya yang memadai hasil tangan anak negeri.
 
“Saya kira, kita butuh kerja sama semua pihak terutama masyarakat dan dunia usaha. Terutama kepada Yayasan Mitra Museum Jakarta, mudah-mudahan kerja sama ini menjadi sinergi yang baik," ujar Riza.
 
Meski begitu, Riza tak ingin keaslian Kota Tua hilang dari revitalisasi museum. Dia ingin sejarah tetap ada meski ada perbaikan.
 
"Kita ingin memastikan bahwa kita memiliki sejarah peradaban yang baik yang harus kita jaga, kita lestarikan, kita publikasikan ke dunia bahwa kita bangsa yang berbudaya dan sehingga nanti ke depan tidak hanya kita tularkan ke anak-anak kita tentang sejarah kita, tapi juga kepada dunia,” tutur Riza.
 
Kawasan Wisata Kota Tua pernah direvitalisasi pada 2018. Revitalisasi Kota Tua dilangsungkan di Koridor Kali Besar Tahap I dalam rangka menyambut Asian Games 2018. Revitalisasi tersebut memiliki skema public private partnership (PPP) atau kemitraan antara pemerintah dan dunia usaha serta melibatkan komunitas.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif