Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)--MI/Ramdani
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)--MI/Ramdani

TPST Bantargebang Diancam Ditutup, Ahok Larang Warga Bekasi Kerja di Jakarta

Nasional tempat sampah
Intan fauzi • 22 Oktober 2015 15:32
medcom.id, Jakarta: DPRD kota Bekasi mengancam akan menutup Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang. Sebab, Pemprov DKI Jakarta dinilai telah melanggar aturan.
 
Menanggapi itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pun naik pitam. Ahok, sapaan Basuki, menantang DPRD Bekasi untuk menutup TPST Bantargebang.
 
"Lu kasih tahu anggota DPRD yang sombong di Bekasi, kasih tahu dia, suruh dia tutup. Aku mau tahu Jakarta jadi apa?," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan orang Bekasi enggak boleh kerja di Jakarta. Kanak-kanakan banget begitu loh," imbuhnya.
 
Persoalan terkait TPST Bantargebang juga menimbulkan reaksi Komisi A DPRD DKI. Mereka juga berniat memanggil Ahok untuk melakukan klarifikasi langsung. Namun, Ahok dengan tegas menolaknya.
 
"Saya kira itu sudah diomongin dari zaman dulu ya, mau panggil saya begitu. Sekarang dasar memanggil saya itu apa? Sekarang kalau terjadi pelanggaran seperti itu uang-uang tipping fee-nya kenapa mesti kasih ke swasta? Kenapa enggak kasih ke Kota Bekasi," tukas Ahok.
 
Sebelumnya, Komisi A DPRD Bekasi, Solihin, menyebut Pemprov DKI melanggar perjanjian kerjasama nomor 4 tahun 2009 tentang pemanfaatan lahan TPST Bantar Gebang. Salah satu anggota komisi A dari PKS, Eriyanto Hendrata, mengatakan aturan operasional yang dilanggar yakni truk sampah melewati jalur distribusi yang semestinya dilewati pada malam hari.
 
"Pada siang hari hanya diperkenankan melewati Jalur Transyogi atau Jalan Alternatif Cibubur menuju TPST Bantargebang. Untuk jalur lainnya, seperti Jalan Jatiasih, Cipendawa, hanya diperbolehkan melintas di malam hari," ujar Eriyanto di Bekasi, Rabu, 21 Oktober.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif