Kampanye Stop Pelecehan Seksual di Halte Harmoni Transjakarta. (Dok MGN)
Kampanye Stop Pelecehan Seksual di Halte Harmoni Transjakarta. (Dok MGN)

Deteksi Pelaku Pelecehan Seksual, TransJakarta Upgrade CCTV

Medcom • 05 Agustus 2022 14:19
Jakarta: Direktur Operasi dan Keselamatan Transjakarta Yoga Adiwinarto mengatakan akan meningkatkan layanan kamera pengawas (cctv) dalam bus Transjakarta (TJ). Upaya ini sebagai bentuk pencegahan pelecehan seksual dalam layanan transportasi
 
Yoga mengatakan fasilitas cctv sudah optimal merekam kondisi dalam bus TJ. Cctv TJ saat ini dari sisi jumlah juga dianggap sudah mumpuni. 
 
"Namun kami sedang meng-upgrade beberapa cctv kami, terutama yang di halte untuk bisa face recognition-nya. Tapi memang ini bertahap, jadi beberapa halte sudah mulai ada," ujar Yoga di acara kampanye Stop Pelecehan Seksual di Halte Harmoni Transjakarta, Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yoga mengimbau pengguna TJ yang melapor melalui media sosial harus memastikan kelengkapan informasi. Sehingga, bisa memudahkan pihaknya untuk menangkap pelaku.
 
"Misalnya sering, di sosmed dia melapor, dilecehkan jam segini, jadi kami ingin memastikan laporan juga lengkap, dia di halte mana, jam berapa, arah mana, kalau bisa nomor lambung busnya juga tahu, jadi cctv langsung kita tarik, so far kita selalu ketahui,” beber Yoga.
 

Baca: TransJakarta Buka Rute Baru Pengangsaan Dua-JIS


Kamera pengawas di TJ sudah mampu merekam semua area bus, tidak lagi memiliki blindspot. Sehingga, pihak TJ hanya mengupgrade teknologi pada cctv untuk menambahkan fitur face recognition.
 
"Iya betul betul. Jadi sekarang itu teknologi sudah sangat canggih, orang pakai masker yang penting facial featurenya itu nanti bisa kelihatan," terang dia. (Arbida Nila Hastika)
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif