Lurah Cilandak Barat Revisi Edaran Zakat Rp1 Juta Per RT
Surat revisi Gerakan Amal Sosial (GAR) viral, Lurah Cilandak Barat yang direvisi, Minggu, 3 Juni 2018. Foto: Medcom.id/ Muhammad Al Hasan.
Jakarta: Setelah surat edaran Gerakan Amal Sosial (GAR) viral, Lurah Cilandak Barat segera menarik kembali surat edaran tersebut dan melakukan revisi.

"Sudah dibuat surat revisi dan pembatalan surat Lurah Cilandak Barat kepada Para Ketua RT ," kata Camat Cilandak, Tomy Fudihartono kepada Medcom.id di Jakarta, Minggu, 3 Juni 2018.

Tomy menjelaskan, penarikan edaran tersebut dilakukan pada hari yang sama saat surat viral pada Jumat, 2 Juni. Menurut Tomy, sebenarnya tidak ada yang salah dengan surat edaran lurahnya, hanya saja tata bahasanya membuat multitafsir di masyarakat.


"Mungkin karena tata bahasanya saja sehingga yang menerjemahkannya orang berbeda-beda," ungkap Tomy.

Sebab menurut ia semua dilakukan sesuai seruan Gubernur No. 7 Tahun 2018 tentang Gerakan Amal Sosial Ramadan.

Menurut Tomy, sampai ada kalimat untuk membayar minimal Rp1 juta per RT kepada kelurahan Cilandak Barat disebabkan adanya target yang harus dikejar.

Berdasarkan surat revisi, diketahui jika Kelurahan Cilandak Barat pada 2018 ditargetkan harus menyetor Rp138 juta.

Belajar dari surat edaran yang sebelumnya, pada surat revisian yang baru tidak ada lagi kalimat para RT harus membayar satu juta rupiah bila map hilang.

Kini untuk memecut semangat kerja RT-nya Lurah Cilandak Barat melakukan inovasi perlombaan pengumpulan dana GAR terbanyak.

Bagi juara 1,2 dan 3 Ditawarkan imbalan sebesar 5 persen dari hasil pengumpulan dana.  Dana terkumpul nantinya disetorkan kepada Bagian Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Cilandak.



(DEN)