Pedagang bwang putih di Pasar Peterongan Semarang, Sabtu, 4 Mei 2019. Medcom.id/ Budi Arista Romadhoni.
Pedagang bwang putih di Pasar Peterongan Semarang, Sabtu, 4 Mei 2019. Medcom.id/ Budi Arista Romadhoni.

Impor Bawang Putih DKI Tunggu Rekomendasi Kementan

Nasional kebutuhan pokok bahan pokok Impor Bawang Putih
Nur Azizah • 06 Mei 2019 12:46
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta mengalami defisit bawang putih sebanyak 2.930 ton. Untuk memenuhi kebutuhan itu, Pemprov harus impor bawang putih.
 
Namun hingga kini, Kementerian Pertanian belum mengeluarkan surat rekomendasi. Padahal, Food Station selaku BUMD DKI telah mengantongi izin impor dari Kementerian Perdagangan.
 
"Sebetulnya Food Station sudah punya lisensi untuk impor bawang putih, tapi saat ini terbentur rekomendasi dari Kementerian Pertanian. Rekomendasi belum juga diterbitkan," kata Asisten Bidang Perekonomian Sri Haryati di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 6 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Solusinya, pemprov bekerja sama dengan importir swasta yang sudah memiliki izin dari Kementerian Perdagangan. Tiap importir harus menyetor satu kontainer ke DKI Jakarta.
 
(Baca juga:Mentan Gelontorkan Bawang Putih Impor Jelang Ramadan)
 
Sri menyebut kebutuhkan bawang putih untuk Ramadan sekitar 2.970 ton. Jumlah itu meningkat sekitar 10 persen dari kebutuhan normal yang mencapai 2.700 ton. Hingga saat ini, stok bawah putih baru 40 ton.
 
Sementara, kebutuhan pokok lainnya masuk kategori aman, misalnya, beras. Ketersediaan beras surplus 195 ribu ton. Kebutuhan beras jelang Ramadan sekitar 126,5 ribu ton naik dari kebutuhan normal yang hanya sekitar 118,8 ribu ton
 
Begitu juga kebutuhan daging ayam, surplus hingga 15.838 ton. Saat hari biasa, kebutuhan daging ayam sekitar 19.072 ton, sedangkan jelang Ramadan kebutuhan naik menjadi 21.162 ton.
 
Adapun ketersediaan saat ini mencapai 37 ribu ton. Stok daging ayam disuplai oleh rumah potong hewan sebanyak 36 ribu ton dan pedagang 10 ribu ton.
 
(Baca juga:Pedagang Keluhkan Naiknya Harga Bawang Putih)

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif