NEWSTICKER
 Sejumlah lampu penerangan jalan umum tidak berfungsi di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Senin (26/1/2015). Antara Foto/Indrianto Eko Suwarso/ss/pd/15
Sejumlah lampu penerangan jalan umum tidak berfungsi di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Senin (26/1/2015). Antara Foto/Indrianto Eko Suwarso/ss/pd/15

Daerah Pinggiran Kota Depok Gelap Gulita

Nasional depok
Kisar Rajaguguk • 01 Maret 2017 18:17
medcom.id, Jakarta: Daerah pinggiran Kota Depok gelap gulita karena minimnya penerangan jalan umum (PJU). Dari 25.311 titik PJU di Kota Depok baru terealisasi 6.587 PJU yang tersebar di jalan negara, provinsi, kota, dan jalan lingkungan atau kampung.
 
Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Raden Gandara Budiana mengatakan, saat ini masih diperlukan PJU di 18.355 titik berdasarkan kajian pada 2010. "Sebagian besar daerah pinggiran seperti Kecamatan Tapos, Cimanggis, Sawangan, Bojongsari, gelap gulita," kata Gandara, Rabu 1 Maret 2017.
 
Masalah lain, hampir sebagian besar PJU di Depok harus direhabilitasi karena jaringannya sudah tua. PJU yang ada saat ini rata-rata dibangun pada 2004.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Depok, kata Gandara, sekarang baru mampu mengalokasikan anggaran untuk pemasangan 300-500 PJU. "Setiap tahun selalu ada penambahan. Tapi, tidak lebih dari 500 titik," jelasnya.
 
Tercatat saat ini ada 3.500-4.000 PJU yang rusak di Kota Depok. Selain rusak, banyak orang tidak bertanggung jawab mencuri kabel dan panel PJU.
 
Gandara menyampaikan, standar jarak memasang PJU sekitar 35-40 meter. Sedangkan di Depok, JPU masih berjarak 60-70 meter.
 
Bahkan banyak tempat tanpa PJU. Misal di Kecamatan Tapos, Kecamatan Bojongsari yang berbatasan dengan Kecamatan Cibinong/Parung, Kabupaten Bogor, Kecamatan Cimanggis yang berbatasan dengan Kecamatan Pasar Rebo, Kecamatan Ciracas, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.
 
Di lokasi tersebut rawan terjadi tindak kriminal. "Bahkan, lokasi begal," ucap Gandara.
 
Untuk jalan negara, provinsi, dan jalan kota, ketersediaan PJU sudah cukup dengan jarak 35 meter antar tiang. Dia meyakini jika PJU terpenuhi maka tingkat kejahatan jalanan bisa diminimalisir.
 
"Sejauh ini (Dishub) Kota Depok juga telah berkoordinasi agar pemerintah pusat maupun provinsi bisa membantu penerangan jalan di Depok. Tapi, belum pernah disetujui," katanya.
 
Ketua Komisi A DPRD Kota Depok Nurhasim mengatakan, fasilitas PJU yang disediakan pemerintah masih minim. Dari kajian komisi, Depok masih kekurangan belasan ribu PJU di 11 kecamatan.
"Masih banyak jalan yang gelap dan rawan terjadi tindak kriminalitas maupun kecelakaan," katanya.
 
Dia mengkritisi banyaknya PJU yang tidak berfungsi. Misal di Kecamatan Cimanggis, Sukma Jaya, Tapos, Bojongsari, dan Sawangan. Dengan memaksimalkan penerangan di jalan, menurutnya Depok, bisa mengurangi tawuran, balap liar, dan remaja yang memadu kasih di jalan.
 

(TRK)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif