Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kali Ciliwung Meluap Akibat Air Kiriman, 35 RT di Jakarta Tergenang

Nasional banjir banjir jakarta DKI Jakarta Jakarta Banjir
Putri Anisa Yuliani • 05 Mei 2022 11:31
Jakarta: Kali Ciliwung meluap akibat debit air yang meningkat setelah kedatangan air kiriman dari hulu di wilayah Bogor, Jawa Barat. Ketinggian muka air di Bendung Katulampa, Bogor, berstatus siaga 3 dengan titik tertinggi mencapai 130 sentimeter (cm) pada Rabu malam, 4 Mei 2022.
 
Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta M. Insaf mengatakan ada 35 rukun tetangga (RT) di wilayah bantaran Kali Ciliwung yang tergenang banjir per pukul 09.00 WIB, Kamis, 5 Mei 2022. Jumlah ini berkurang dari sebelumnya 45 RT tergenang.
 
"Informasi genangan dari sebelumnya 45 RT saat ini menjadi 35 RT atau 0,115 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta, dengan ketinggian >40 cm," kata Insaf saat dihubungi, Kamis, 5 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bendungan Katulampa Siaga 3, Jakarta Waspada Banjir
 
Wilayah dengan jumlah genangan terluas, yakni di Jakarta Timur, dengan 26 RT tergenang. Terdiri atas enam RT di Kelurahan Cawang dengan ketinggian air maksimal 100 cm.
 
Kemudian, Kelurahan Bidara Cina terdapat 2 RT tergenang air setinggi 50 cm. Di Kelurahan Kampung Melayu terdapat 18 RT tergenang dengan ketinggian air 40 cm hingga 125 cm.
 
Genangan air akibat luapan Kali Ciliwung juga terjadi di Jakarta Selatan, yakni di Kelurahan Pejaten Timur terdapat dua RT dengan ketinggian air 40 cm. Kemudian, terdapat 3 RT di Kelurahan Rawajati yang mengalami banjir setinggi 50 cm dan 4 RT di Kelurahan Kebon Baru tergenang air setinggi 60 cm.
 
"Kondisi genangan sedang ditangani oleh DSDA, Damkar dan PPSU Kelurahan. Genangan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," ujar Insaf.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif