Pengunjung berdesakan di Tanah Abang/MI/Ramdani.
Pengunjung berdesakan di Tanah Abang/MI/Ramdani.

Beragam Upaya Kurangi Kerumunan Pasar Tanah Abang

Nasional tni polri DKI Jakarta pasar tni-polri tanah abang protokol kesehatan Ramadan 2021
Nur Azizah • 03 Mei 2021 17:19
Jakarta: Perumda Pasar Jaya melakukan berbagai cara mengurangi kerumunan di Pasar Tanah Abang. Salah satunya bekerja sama dengan TNI-Polri untuk mengawasi protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.
 
Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan 2.500 personel yang terdiri atas TNI, Polri, dan Satpol PP. Mereka disebar di sejumlah titik Tanah Abang.
 
"Tadi pagi, para petugas juga sudah mengatur pembatasan pengunjung 50 persen dari kapasitas pasar," kata Arief dalam keterangan tertulis, Senin, 3 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 2 Ribu Personel Gabungan Jaga Tanah Abang Hingga H-1 Lebaran 2021
 
Petugas juga mengatur alur masuk dan keluar pengunjung, sehingga dapat mengurai penumpukan di dalam pasar. Sebelum memasuki pasar, seluruh pengunjung diminta mencuci
tangan menggunakan sabun, dicek suhu badan, dan wajib memakai masker.
 
"Sebagian petugas baik yang ada di dalam maupun luar pasar juga mengimbau menggunakan toa agar masyarakat mematuhi aturan tersebut," kata Arief.
 
Selain itu, Perumda Pasar Jaya juga mengatur jam tutup toko. Gerai yang berada di lantai ganjil diminta tutup pukul 16.00 WIB dan yang berada di lantai genap tutup pukul 17.00 WIB. 
 
"Supaya tidak ada kepadatan saat tutup toko. Dengan berbagai upaya tersebut, maka protokol kesehatan bisa dijalankan semaksimal mungkin," ucap Arief. 
 
Ia mengatakan petugas terus disiagakan beberapa hari ke depan. Pasalnya, kepadatan di Tanah Abang diprediksi meningkat H-17 Idulfitri 2021.
 
"Ya karena ini sudah menjadi budaya warga dari seluruh nusantara hingga luar negeri membeli baju lebaran di sini. Maka dari itu, kami terus berkoordinasi dengan petugas di lapangan dan instansi terkait," ujar Arief. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif