Presiden Joko Widodo mencoba Moda Raya Terpadu (MRT) dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menuju Stasiun Lebak Bulus, Selasa, 19 Maret 2019. (Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta)
Presiden Joko Widodo mencoba Moda Raya Terpadu (MRT) dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menuju Stasiun Lebak Bulus, Selasa, 19 Maret 2019. (Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta)

Presiden Jajal MRT

Nasional mrt presiden jokowi
Dheri Agriesta • 19 Maret 2019 13:39
Jakarta: Presiden Joko Widodo menjajal Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia. Presiden mencoba rute dari Bundaran HI hingga Lebak Bulus.
 
Presiden menaiki kereta nomor 310 yang berangkat dari Stasiun Bundaran HI sekitar pukul 12.00 WIB. Kereta pun dipadati penumpang yang ingin mencoba transportasi anyar ini.
 
Presiden menyebut antusiasme masyarakat menaiki transportasi anyar cukup besar. Saat memasuki Stasiun Bundaran HI, Presiden sempat diteriaki masyarakat yang ingin bersalaman dan swafoto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kualitasnya sangat baik dan stasiun jumlahnya cukup banyak, sekali angkut (bisa) 1.800 orang," kata Presiden di atas MRT menuju Lebak Bulus, Selasa, 19 Maret 2019.
 
Presiden sempat berkeliling saat menaiki kereta ini. Kepala Negara juga berbincang dengan sejumlah menteri membahas pengembangan moda transportasi anyar ini.
 
Jokowi menyebut moda transportasi anyar ini memang mendesak di Jakarta. Namun, kota lain juga harus segera mengembangkan moda transportasi serupa.
 
"Seperti Palembang, Sumatera Utara, Bandung, Surabaya, dan Makassar, saya kira juga harus disiapkan. Jangan terlambat kita seperti yang di Jakarta," kata Jokowi.
 
Tiba di Stasiun Lebak Bulus, Jokowi sempat menyapa penumpang yang sedang mengantre menaiki MRT untuk uji coba. Presiden bersalaman dan berswafoto dengan sejumlah penumpang.
 
Baca juga:DPRD Curiga Tarif MRT Berubah-ubah
 
Dalam uji coba ini, Presiden didampingi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
Jaksa Agung M Prasetyo pun turut hadir. Selama ini Kejaksaan Agung turut mengawal pembangunan proyek MRT melalui Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).
 
Direktur Keuangan PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Tuhiyat memastikan moda transportasi kereta cepat itu bakal diresmikan pada 24 Maret 2019. Presiden Joko Widodo bakal meresmikan langsung.
 
"Tanggal 24 Maret akan diresmikan oleh Pak Presiden. Rencananya tersentral di Stasiun Bunderan Hotel Indonesia (HI)," kata Tuhiyat di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2019.
 
Sebelum peresmian, Jokowi dijadwalkan mengikuti uji coba publik, Selasa, 19 Maret 2019. "Presiden dan jajaran kabinetnya akan mencoba menikmati MRT, pukul 10.00 WIB,” ujar Tuhiyat.
 
PT MRT Jakarta membuka uji coba publik. Warga DKI Jakarta dan sekitarnya bisa menikmati MRT gratis pada 12-24 Maret 2019 dengan mendaftar lebih dulu.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif