Penumpang menaiki kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta. (Foto: ANTARA/Wahyu Putro)
Penumpang menaiki kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta. (Foto: ANTARA/Wahyu Putro)

Tarif Normal MRT Tak Pengaruhi Jumlah Penumpang

Nasional mrt Proyek MRT
Theofilus Ifan Sucipto • 14 Mei 2019 13:25
Jakarta: Pemberlakuan tarif normal Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dinilai tak berpengaruh signifikan terhadap jumlah penumpang. MRT disebut sudah menjadi kebutuhan masyarakat ibu kota.
 
"Kalau lihat animo masyarakat tidak ada penurunan signifikan," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pehubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 14 April 2019.
 
Dia menyebut hal ini bukti bahwa MRT bukan sekadar transportasi baru. Lebih dari itu, kata Sigit, MRT menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Malah bersyukur bisa buka puasa bersama lebih cepat karena naik MRT," ujarnya.
 
Dia mengungkapkan, ke depan, integrasi transportasi di Jakarta bakal semakin difokuskan. Sigit menyebut transportasi mikro seperti angkutan umum hingga transportasi massal seperti MRT akan terhubung.
 
Sigit menargetkan dalam waktu dekat pengintegrasian transportasi dilakukan di Lebak Bulus dan Dukuh Atas. Sebab, moda transportasi banyak beroperasi di sana dan menjadi simpul pergerakan moda transportasi.
 
Baca juga:Penumpang Nilai Tarif Normal MRT Jakarta Masih Wajar
 
Diketahui, program potongan harga tarif Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta sudah berakhir. Artinya, tarif MRT kembali normal, yakni Rp3 ribu untuk tarif minimal dan Rp14 ribu untuk tarif maksimal.
 
Kebijakan ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit. Tarif ini mulai berlaku Senin, 13 Mei 2019.
 
Selama satu bulan terakhir, MRT hanya mengoperasikan delapan rangkaian kereta. Jarak tunggu atau headway pun akan dipercepat. Dari yang sebelumnya 10 menit menjadi lima menit sekali.
 
MRT beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB. Sebelumnya, kereta cepat itu hanya melayani hingga pukul 22.00 WIB.
 
Sementara itu, jumlah penumpang MRT Jakarta sudah mencapai 82.615 orang per hari. Jumlah itu merupakan jumlah rata-rata sejak MRT dibuka secara komersial.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif