Ilustrasi. Foto: Antara/Dhemas Reviyanto..
Ilustrasi. Foto: Antara/Dhemas Reviyanto..

Simulasi Kebakaran Dilakukan di Stasiun MRT Bawah Tanah

Nasional mrt Proyek MRT
Eko Nordiansyah • 22 Desember 2018 08:16
Jakarta: PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) akan melakukan simulasi pengasapan terowongan (tunnel smoke test) di dua stasiun bawah tanah MRT Jakarta, hari ini. Simulasi guna mengantisipasi kebakaran pada stasiun bawah tanah.

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah mengatakan, dua stasiun MRT yang dilakukan simulasi yakni Stasiun MRT Istora dan Stasiun Dukuh Atas. Simulasi di Stasiun MRT Istora dilakukan pukul 08.30 WIB hingga 12.00 WIB. 

"Stasiun Dukuh Atas pukul 13.00-16.00 WIB," kata Hikmatullah melalui keterangan tertulis, Sabtu, 22 Desember 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Ia menjelaskan, simulai situasi kebakaran dalam terowongan MRT Jakarta ini guna memastikan sistem dan kapasitas kipas ventilasi terowongan atau Tunnel Ventilation Fan (TVF) bekerja. Sesuai fungsinya, TVF harus mampu mengalirkan asap keluar melalui Suar Ventilasi atau Ventilation Tower (SVT).  "Dalam simulasi ini akan digunakan jenis asap yang tidak mengeluarkan bau (odorless) dan tidak pedih di mata," ujarnya.

Hikmatullah menekankan, hadirnya MRT Jakarta adalah terobosan baru bagi transportasi publik di Ibu Kota. Tidak hanya akan meningkatkan mobilitas, MRT Jakarta juga diyakini memberikan manfaat tambahan. Misalnya, perbaikan kualitas udara dan menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan. 

"Seiring dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat Jabodetabek yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik," pungkasnya.


(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi