Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bersama pengurus Reog Ponorogo. (Foto: MTVN/Wanda)
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bersama pengurus Reog Ponorogo. (Foto: MTVN/Wanda)

Reog Mini Jakarta Meriahkan HUT Ponorogo

Wanda Indana • 12 Agustus 2015 16:08
medcom.id, Jakarta: Grup reog mini asal Jakarta binaan Komunitas Reog Ponorogo (KRP) berpartisipasi memeriahkan HUT Kabupaten Ponorogo (Jawa Timur) ke-519 di alun-alun Ponorogo, Selasa 11 Agustus. Reog menampilkan puluhan siswa SD dan SMP asal Jakarta.
 
Kehadiran reog mini diharapkan dapat mempercepat keinginan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama agar kesenian itu diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Ahok yang telah memberikan dukungannnya agar kami bisa berpartisipasi dalam HUT Ponorogo dan Festival Reog Mini ke-13," kata Ketua KRP Suyatno, Rabu (12/8).
 
Suyatno mengatakan, tampilnya reog mini yang beranggotakan puluhan siswa SD dan SMP menjadi bagian upaya pelestarian warisan budaya nusantara.
 
Menurut Suyatno, usai tampil di panggung utama, Bupati Ponorogo, M Amin mengapresiasi masih banyak anak-anak asal Ibu Kota yang mau melestarikan kesenian reog dengan naik ke panggung utama.
 
Selain Suyatno, murid sekolah itu juga didampingi Wakil Ketua Suparno Nojeng, Sekretaris M Syaiful Jihad, Ketua Pembina Suryo Mulyono, Wakil Bendahara Agus Susanto, Suryono Gendon serta Suparman.
 
Salah satu anggota reog mini, Akbar Gandung Risnowo mengaku bangga bisa tampil dalam ajang Festival Reog Mini ke-13 di Ponorogo. Murid SMPN 226 Jakarta Selatan ini berharap kesenian reog tidak punah ditelan zaman.
 
‪"Senang bisa pentas reog mini di Ponorogo, menambah pengalaman. Bisa menjadi bagian dalam melestarikan seni reog supaya tidak punah," kata Akbar.
 
(FZN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif