Ilustrasi: Para pesepeda tengah melintas di jalur khusus sepeda, kawasan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Foto: MI/Saskia Anindya Putri
Ilustrasi: Para pesepeda tengah melintas di jalur khusus sepeda, kawasan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Foto: MI/Saskia Anindya Putri

Kawasan Ganjil Genap Jadi Prioritas Pembangunan Jalur Sepeda

Nasional jalur sepeda sistem ganjil genap
Insi Nantika Jelita • 12 Oktober 2019 11:29
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal uji coba jalur sepeda fase dua. Pembangunan jalur sepeda tersebut berada di kawasan ganjil genap.
 
"Prioritas pembangunan jalur sepeda ini ke kawasan-kawasan yang diterapkan kebijakan ganjil genap," kata Anies di sekitar Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu, 12 Oktober 2019.
 
Pembangunan jalur sepeda fase dua dimulai dari persimpangan Jalan Fatmawati, dan Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, hingga Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, dengan panjang lintasan 23 kilometer (km). Jalur ini akan terhubung dengan fase pertama di Bundaran Hotel Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di sini titik awalnya ganjil genap daerah selatan terus sampai ke pusat," ujar dia.
 
Anies menjajal jalur sepeda fase dua ditemani Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo, Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadhibrata, dan puluhan pesepeda dari berbagai macam komunitas. Memakai kaus biru, Anies memulai gowes pukul 07.20 WIB.
 
Anies berharap keberadaan jalur sepeda ini membuat warga Jakarta bisa menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan. Dia juga mengingatkan para pengendara sepeda motor dan mobil agar tidak menggunakan jalur sepeda.
 
"Kita mengajak juga bagi semuanya bahwa bersepeda itu sebagai sesuatu yang tidak merepotkan. Cukup bawa sepedanya, pakaiannya juga biasa saja. Jadi sepeda bukan sebagai alat olahraga saja, justru sepeda juga sebagai alat transportasi," ujar dia.
 
Pembangunan jalur sepeda ini akan dibagi menjadi tiga fase. Jalur sepeda ini akan meliputi wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat. Uji coba fase dua jalur sepeda dimulai sejak 12 Oktober-1 November.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif