Ilustrasi uang negara. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi uang negara. Medcom.id/M Rizal

DKI Kembalikan 90% Kelebihan Bayar Pengadaan Unit Damkar

Nasional DKI Jakarta Pemprov DKI apbd Pemadam Kebakaran mobil damkar
Kautsar Widya Prabowo • 15 April 2021 12:16
Jakarta: Dinas Penanggulangan Bencana Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengembalikan uang kelebihan bayar pengadaan kendaraan dan alat pemadam kebakaran (damkar) pada APBD 2019. Selisih antara harga di pasar dan harga kontrak mencapai Rp6,5 miliar.
 
"Jadi kalau perkembangannya sudah 90 persen sudah kita kembalikan dari tindak lanjut hasil pemerikaaan (TLHP) BPK (selisih Rp6,5 miliar)," ujar Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan kepada wartawan, Rabu, 14 April 2021.
 
Satriadi menyebut Badan Pengawasan Keuangan (BPK) terlibat dalam pengembalian selisih dana pembeliah mobil damkar tersebut. Ia enggan banyak intervensi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tinggal BPK menyelesaikan ini, apalagi (pengembalian) sudah 90 persen," tutur Satriadi.
 
Baca: Melebihi Harga Pasar, Perencanaan Pembelian Mobil Damkar DKI Dianggap Buruk
 
Robot damkar LUF 60 menjadi salah satu unit pengadaan yang dipermasalahkan. Kendati pengadaan bermasalah, keberadaan robot damkar tersebut sangat membantu kerja petugas. Terutama memadamkan titik api yang sulit dijangkau.
 
"Kalau enggak ada robot itu, 113 warga di Taman Sari bisa terdampak (kebakaran). Alhamdulillah kita punya LUF 60. Kita masuk ke terowongan, ada trafo di bawah kita bisa padamkan," terang.
 
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) DKI Jakarta menemukan potensi kerugian uang negara dalam pengadaan mobil damkar di Gulkarmat DKI pada APBD 2019. Indikasi kerugian Rp6,52 miliar dihitung dari harga kontrak dengan harga riil untuk empat item berbeda.
 
Rinciannya, unit submersible Rp761,67 juta, unit quick response Rp3,48 miliar, penanggulangan kebakaran pada sarana transportasi kebakaran pada sarana transportasi massal (robot LUF 60) Rp844,19 juta, dan material kebakaran (robot MVF-5) Rp1,43 miliar.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif