Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir/Medcom.id/Kautsar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir/Medcom.id/Kautsar

Transportasi di Stasiun Tebet dan Palmerah Terintegrasi, Anies Makin Optimistis

Nasional transjakarta DKI Jakarta KRL transportasi Stasiun Terpadu Anies Baswedan
Kautsar Widya Prabowo • 29 September 2021 16:27
Jakarta: Integrasi transportasi dilakukan di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, dan Stasiun Palmerah, Jakarta Barat. Integrasi tersebut menghubungkan kereta rel listrik (KRL), TransJakarta, dan angkutan umum lainnya. 
 
"Rasanya semakin optimis kita melihat Jakarta. Satu persatu yang kita rencanakan untuk integrasi jadi kenyataan," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara Persemian Integrasi Transportasi Jabodetabek, di Stasiun Tebet, Rabu, 29 September 2021.
 
Anies berharap integrasi ini dapat mendorong masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Selain itu, nantinya integrasi transportasi di Jabodetabek akan terhubung dengan sistem aplikasi bernama Jak Lingko. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan adanya ticketing dan super aplikasi ini Insyaallah kita lihat pengintegrasian yang lengkap," kata Anies. 
 
Ke depan, seluruh stasiun di Jakarta akan direvitasliasi untuk mengwujudkan integrasi transporasi menyeluruh. Anies mengajak Direktur Utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait untuk memasang target.
 
"Kapan (revitalisasi stasiun selesai) 50 persen, kapan 100 persen akan tuntas rencana ini, dan warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bakal menggunakan angkutan umum," kata Anies. 
 
Direktur Utama Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) Tuhiyat menjelaskan revitalisasi sejumlah stasiun dilakukan berdasarkan mekanisme kerja sama antara sejumlah pihak. Kerja sama itu melibatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, PT Moda Raya Terpadu (MRT), dan Kereta Api Indonesia (KAI) Persero.
 
Selain Tebet dan Palmerah, stasiun lain yang bakal direvitalisasi ialah Stasiun Gondangdia, Manggarai, dan Jakarta Kota. 
 
"Progres penyelesaian pembangunan tiga stasiun yakni Manggarai 95 persen, dan Gondangdia 69 persen, keduanya ditargetkan selesai tahun ini, sementara stasiun Jakarta Kota target selesai 2022," kata Tuhiyat.
 
Baca: Erick: Integrasi Moda Jabodetabek Tumbuhkan Ekonomi di Sekitarnya
 
Persemian Integrasi transportasi Jabodetabek ini dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Tohir. Anies bersama dua menteri sempat menjajal penggunaan aplikasi Jak Lingko sebagai pengganti tiket. 
 
Selain itu, Anies mengajak Budi dan Erick melihat wajah baru dari Stasiun Tebet yang telah direvitalisasi dengan pendekatan integrasi transportasi. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif