Lokasi wisata Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta. Branda Antara
Lokasi wisata Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta. Branda Antara

Kepulauan Seribu Didorong Menjadi Digital Nomad

Antara • 24 Mei 2022 10:28
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempromosikan kawasan Kepulauan Seribu sebagai tempat bekerja secara daring sekaligus berwisata (digital nomad). Model kerja tersebut saat ini tren di masyarakat.
 
"Biasanya digital nomad ini entitas baru. Ini unik, mereka bekerja tapi tidak terbatas lokasi, kami ingin mereka yang memiliki produktivitas dan mobilitas tinggi itu bisa memanfaatkan Kepulauan Seribu," kata Anies di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Anies mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyiapkan sekitar 9 ribu titik jaringan internet gratis di seluruh Jakarta. Termasuk, kawasan wisata di Kepulauan Seribu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami siapkan free wifi. Ini dikebut ketika pandemi masyarakat harus kerja dari rumah, kami turun tangan menyiapkan akses 9 ribu titik, gratis," kata dia.
 
Di Pulau Bidadari, kata dia, sudah tersedia jaringan internet gratis. Di antaranya free wifi bidadari dan jakwifi.
 
Mencermati jarak tempuh dari daratan Jakarta, Anies mengatakan beberapa pulau wisata di Kepulauan Seribu bisa dijangkau dalam waktu sekitar 30 menit.
 
Dia menyebut biaya digital nomad di Kepulauan Seribu juga terjangkau dengan suasana yang berbeda daripada waktu kerja biasanya di daratan Jakarta.
 
"Intinya tidak perlu jauh-jauh tapi akan mendapatkan suasana baru dan biaya murah, waktu singkat, biaya tinggal terjangkau. Jadi, dapat suasana baru produktivitas tinggi dan biaya murah," ucap Anies.
 
Baca: Libur Lebaran, 11 Ribu Orang Menyeberang ke Kepuluan Seribu
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan di Kepulauan Seribu terdapat 111 pulau. Sebanyak 11 pulau berpenduduk dan tujuh pulau disiapkan untuk kegiatan wisata, termasuk akomodasinya.
 
"Para nomaden ini ketika beraktivitas dengan suasana berbeda maka datanglah ke Kepulauan Seribu," ujar Anies.
 
Sementara itu, salah satu pelaku digital nomad, Ashari Yudha, berharap adanya dukungan infrastruktur yang mendukung para pekerja digital di dalam negeri atau mancanegara.
 
"Kalau mancanegara bagaimana memperpanjang KITAS lebih cepat, ada gerainya, infrastruktur money changer. Lalu, diciptakan seperti komunitas juga kalo di Jakarta misalnya ada co-working space," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif