Ilustrasi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia - - Foto: Foto: MI/ Panca Syurkani
Ilustrasi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia - - Foto: Foto: MI/ Panca Syurkani

Dapat Perlawanan, Petugas Imigrasi Dobrak Pintu saat Razia WNA

Yurike Budiman • 23 Maret 2022 03:45
Jakarta: Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jakarta Utara menggelar razia warga negara asing (WNA) di Apartemen Gading River View, MOI, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dengan pengerahan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) dan bantuan Kodim 0502 Jakarta Utara, razia digelar untuk memastikan dokumen keimigrasian para WNA penghuni apartemen tersebut.
 
Dalam proses razia, petugas sempat mendobrak pintu salah satu unit apartemen dengan menendang berkali-kali. Hal ini terpaksa dilakukan lantaran WNA yang berada di dalam unit menolak untuk diperiksa, hingga sengaja mengunci pintu dari dalam.
 
"Kami melakukan pengawasan keimigrasian dan juga pendataan terhadap warga negara asing di area ini," kata Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jakarta Utara Bong Bong Prakoso Napitupulu di lokasi, Selasa, 22 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Petugas menyisir satu per satu unit apartemen yang sebelumnya sudah ditandai. Unit-unit apartemen tersebut disinyalir dihuni oleh WNA yang dokumen keimigrasiannya diduga tak lengkap.
 
Baca: Imigrasi Selidiki WN Malaysia buat KTP di Aceh Selatan
 
Bong Bong menyatakan dari hasil razia kali ini, sejumlah WNA ada yang kedapatan melanggar. Selain itu, ada WNA yang memiliki dokumen keimigrasian tertentu.
 
"Hasilnya kami menemukan adanya warga negara asing pemegang kartu UNHCR, dua dari Afghanistan dan lima dari Iran. Kemudian, ada satu warga negara India, satu warga Ethiopia, dan sembilan warga negara China," ungkap dia.
 
Dari belasan WNA tersebut, sebanyak delapan WNA asal Cina tidak dapat menunjukkan dokumen keimigrasian. Mereka dibawa ke Kantor Imigrasi Jakarta Utara, untuk pemeriksaan lebih lanjut. 
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif