Wakil Ketua Pansus Wagub DKI, Bestari Barus. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.
Wakil Ketua Pansus Wagub DKI, Bestari Barus. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Cawagub DKI Didenda Rp50 Miliar Jika Mundur

Nasional Pengganti Sandiaga Uno
Nur Azizah • 02 Juli 2019 14:04
Jakarta: Sekretaris DPW PKS DKI Agung Yulianto dan mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dilarang mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta. Wakil Ketua Pansus Wagub DKI Bestari Barus mengatakan bila salah satu calon mengundurkan diri akan didenda.
 
"Berdasarkan tata tertib yang bersumber dari PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) dendanya itu sekitar Rp50 miliar dan kurungan selama-lamanya 24 bulan kalau salah satu orang mengundurkan diri," kata Bestari saat dihubungi, Jakarta, Selasa, 2 Juli 2019.
 
Pansus wagub saat ini masih menyusun tata tertib pemilihan. Sebelum disahkan, tata tertib akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tata tertib tersebut turut mengatur cara pemilihan, jumlah suara, hingga mekanisme pemilihan ulang. Pengesahan tata tertib akan digelar Senin, 8 Juli 2019.
 
"Lagi proses memasukkan semua usulan yang belum dimasukan atau yang terlewat pada saat pembahasan kemarin," ungkapnya.
 
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan tidak akan mengganti nama calon wakil gubernur DKI Jakarta yang sudah diusulkan. Mereka tetap mengusung Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.
 
"Dua nama itu sudah fix. Agung sama Syaikhu enggak ada perombakan," kata ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi.
 
Ia menegaskan kedua nama itu masih menjadi calon pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hingga saat ini belum ada surat pengunduran diri dari salah satu calon.
 
"Ya enggak ada yang mundur. Selama enggak ada surat ya enggak ada pengunduran," ungkapnya.
 
Baik Agung maupun Syaikhu dilarang mengundurkan diri kecuali meninggal dunia. PKS tak ada niat untuk menukar posisi keduanya dengan calon lain, termasuk mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif