RPTRA Kalijodo Mengusang
RPTRA Kalijodo, Angke, Jakarta Utara. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Jakarta: Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Angke, Jakarta Utara, mulai mengusang. Taman itu seakan kehilangan pamornya.  

Diresmikan pada 22 Februari 2017, taman ini menyediakan berbagai fasilitas bermain anak-anak. Namun, kondisi taman sudah tidak seindah dulu.

Pantauan Medcom.id, Rabu, 28 November 2018, keadaan tanah di lokasi terlihat gersang karena tidak ditumbuhi rumput. Cat di zona skate park juga memudar dan ada bagian aspal yang retak.


Tiga mesin penjual minuman otomatis di lokasi sudah tidak beroperasi. Di salah satu mesin terdapat kertas dengan tulisan “rusak”.

Namun, beberapa perlengkapan masih terlihat terjaga dengan baik. Tempat sampah, salah satunya, mudah ditemukan di sekitar taman. Jarak antartempat sampah hanya 20 meter.


Bagian skate park RPTRA Kalijodo retak. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Sementara itu, terik matahari di lokasi bisa ditahan oleh 80 pohon yang mengelilingi taman. Rata-rata tinggi pohon berkisar antara 3 sampai 5 meter sehingga angin segar masih bisa terasa.

Baca: RPTRA Kalijodo tak Terurus

Di samping skate park, terdapat wahana untuk anak-anak seperti komidi putar dan kora-kora. Wahana ini berada 3 meter di samping Kali Krendang. 

Kondisi RPTRA yang berubah tidak menghalangi niat Dinda Lestari, 30, dan anaknya, Putri, 6, datang. Bagi Dinda, lokasi ini paling tepat untuk melepas penat.

"Kalau siang begini di rumah sumpek, jadi dibawa ke taman. Apalagi kalau sore, banyak teman-teman Putri main ke sini," ujar Dinda.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id