Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza. DOK Istimewa
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza. DOK Istimewa

Berpotensi Digugat Akibat Banjir, Wagub DKI: Hak Masyarakat

Nasional hujan banjir jakarta dki jakarta cuaca ekstrem pemprov dki kali ciliwung Jakarta Banjir
Cindy • 23 Februari 2021 06:36
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mempersilakan warga Jakarta mengajukan gugatan class action terkait banjir pada Sabtu, 20 Februari 2021. Pengajuan gugatan merupakan hak masyarakat.
 
"Terkait class action itu hak masyarakat. Negara kita negara hukum. Negara kita negara demokrasi," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 22 Februari 2021.
 
Ariza mengatakan siapa pun pemimpin di daerah pasti ingin memberikan kebijakan yang berdampak baik bagi masyarakat. Tak ada kepala daerah yang mau menyengsarakan warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak terkecuali terkait pengendalian banjir, macet, dan semua masalah, pasti para pemimpin ingin memberikan yang terbaik untuk kepentingan masyarakatnya," ucap politikus Partai Gerindra itu.
 
(Baca: Anies Dinilai Gagal Susun Prioritas Kerja dan Anggaran untuk Penanganan Banjir)
 
Dia menuturkan tugas pemerintah ialah membuat perencanaan dan mengimplementasikan program-program penanganan banjir sebaik mungkin. Penanganan banjir di Jakarta membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat maupun daerah penyangga.
 
"Seperti dukungan pemerintah pusat sudah membuat waduk di Cimahi dan Ciawi, yang Insyaallah akhir tahun ini selesai. Mudah-mudahan ke depan akan memberikan kontribusi terkait pengendalian banjir, mengurangi setidaknya 11 persen," tutur dia.
 
Sebelumnya, Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) menyarankan warga menggugat Pemprov DKI Jakarta atas penanganan dan antisipasi banjir yang dinilai buruk. Gugatan dilayangkan guna memperbaiki penanganan banjir Ibu Kota.
 
"Inti gugatan yang bisa dilakukan dalam Pemprov tidak menyiapkan, melakukan peringatan dini, dan bantuan darurat untuk membantu warga korban banjir," kata Ketua FAKTA, Azas Tigor Nainggolan lewat keterangan tertulis, Sabtu, 20 Februari 2021.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif