Sejumlah pencari suaka menikmati santap siang di penampungan sementara gedung eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat. (Foto: Medcom.id/Cindy)
Sejumlah pencari suaka menikmati santap siang di penampungan sementara gedung eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat. (Foto: Medcom.id/Cindy)

DKI Tak Sediakan Dapur Umum di Penampungan Pencari Suaka

Nasional pencari suaka
Cindy • 12 Juli 2019 14:35
Jakarta: Dinas Sosial DKI Jakarta menolak membangun dapur umum di penampungan pencari suaka di lahan eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat. Pemerintah hanya akan mendistribusikan makanan siap santap.
 
"Posko dapur kalau kita taruh di sini enggak kondusif. (Dapur umum) sekarang lokasinya di (kantor) Wali Kota Jakarta Barat nanti (makanan) baru disalurkan ke sini," ujar Tim Dinas Sosial DKI Jakarta, Lukman, di lokasi, Jumat, 12 Juli 2019.
 
Lukman memerinci distribusi makanan hanya dilakukan dua kali dalam satu hari. Kegiatan ini akan dilakukan sampai satu minggu ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: DKI Tampung Makanan Bayi untuk Pencari Suaka
 
Ia mengatakan pihaknya hanya menyediakan paket makanan untuk seribu orang. Sedangkan air minum diberikan dalam bentuk kemasan.
 
"Kita kasih konsumsi dua kali, siang dan malam. Minum disiapkan 25 dus atau sekitar 600 botol," tambah dia.
 
Pantauan Medcom.id, bantuan makanan dan minuman didistribusikan kepada pencari suaka yang terdaftar di Badan Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR). Proses distribusi dilakukan berdasarkan negara asal pencari suaka.
 
Sepanjang pembagian, para pencari suaka tampak tertib. Mereka rela menunggu satu per satu paket makanan diberikan.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif