Memerangi Sampah Plastik Diusulkan Jadi Program Nasional

Sunnaholomi Halakrispen 28 November 2018 05:39 WIB
polemik sampah jakarta
Memerangi Sampah Plastik Diusulkan Jadi Program Nasional
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto
Jakarta: Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Isnawa Adji menyebut sikap memerangi sampah kantong plastik harus jadi program nasional. Ini guna menjaga ekosistem perairan di seluruh Tanah Air.

"Maksudnya menjadi program nasional bahwa kita harus memerangi sampah plastik sampah hingga di perairan," ujar Isnawa di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

Isnawa mengatakan, banyak makhluk hidup di laut telah menjadi korban dari sampah plastik. Bisa jadi, kata dia, kondisi ini juga akibat Indonesia masih jadi negara nomor dua tertinggi penghasil micro plastik di dunia selain Tiongkok.


"Dan ada hasil kajian Universitas Hasanuddin Makassar, yang artinya tiga dari lima atau bagaimana itu terpapar micro plastik. Itu tidak menutup kemungkinan penyu dan lain-lain ikut makan, ikan juga terkadang makan remah-remahan plastik yang mereka kira plankton," paparnya.

Pemprov DKI menyiapkan sejumlah dalam memerangi sampah plastik di perairan. Salah satunya, melakukan pengawasan yang ketat dengan OTT (operasi tangkap tangan) warga Jakarta yang membuang sampah plastik di perairan.

"Di Dermaga Marina kita sudah melakukan OTT sampah plastik. Kita mulai mengedukasi tour guide agar grupnya (turis yang dibawa) tidak membuang sampah saat perjalanan ke pulau seribu'," tutur Isnawa.

OTT ini berdasarkan peraturan daerah (perda) Nomor 3 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah. Isnawa mengklaim OTT sampah rutin dilakukan di arena bebas kendaraan bermotor (car free day). "Itu rutin setiap minggu kita lakukan di situ. Tapi sekali lagi, yang mengedukasi ini tidak hanya ini. Saya mengingatkan satpel-satpel saya di kecamatan untuk ayo dong semua bermain OTT di semua wilayah," jelasnya.

Berdasarkan Perda yang ada, mereka yang membuang sampah sembarangan bisa dikenakan denda mulai dari Rp100 ribu hingga Rp10 juta. Khusus mereka yang membuang sampah di sungai dikenakan denda Rp500 ribu.



(AGA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id