Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri), usai meletakkan batu pertama pembangunan Jalan Sehat dan Sepeda Santai (Jalasena) di Kawasan Pantai Kita dan Pantai Maju, Jakarta Utara, Minggu (23/12/2018). Foto: Istimewa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri), usai meletakkan batu pertama pembangunan Jalan Sehat dan Sepeda Santai (Jalasena) di Kawasan Pantai Kita dan Pantai Maju, Jakarta Utara, Minggu (23/12/2018). Foto: Istimewa

Jakpro Mulai Menghidupkan Pantai Kita Maju Bersama

Nasional reklamasi teluk jakarta
23 Desember 2018 17:01
Jakarta: Peletakan batu pertama pembangunan Jalan Sehat dan Sepeda Santai (Jalasena) menandai dimulainya pengelolaan terhadap tiga pulau hasil reklamasi di utara Jakarta. Pulau yang saat ini dinamai Pantai Kita Maju Bersama itu akan dikelola oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro). 

"Kepentingan publik menjadi perhatian utama dalam penugasan ini dengan mengedepankan masyarakat pesisir yang terdampak," kata Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto, melalui keterangan tertulis, Minggu, 23 Desember 2018.

Dwi Wahyu menyatakan pengelolaan tanah pulau reklamasi merupakan amanat dari Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 120 Tahun 2018. “Kami siap menerima amanah ini dengan memerhatikan aspirasi-aspirasi positif untuk membangun ruang interaksi yang inklusif,” kata dia.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



PT Jakpro juga akan membangun sarana, prasarana, dan utilitas umum di pulau buatan itu. Di antaranya, pengelolaan air bersih, persampahan, air limbah, drainase, ruang terbuka hijau, ruang terbuka biru, dan transportasi.  Selain memulai pembangunan jalur Jalasena dengan titik awal bentangan di Pantai Maju, Jakpro juga memulai program menghijaukan kawasan Pantai Maju. Ini ditandai dengan penanaman pohon khas Betawi yaitu kecapi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kami menyadari pentingnya keberimbangan dengan alam. Pohon merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita," kata Dwi.

Sebelumnnya, Anies Baswedan sudah mengubah penamaan tiga pulau reklamasi, yakni Pulau C, Pulau D, dan Pulau G yang dibangun PT Agung Sedayu dan PT Agung Podomoro. Ketiga pulau itu diubah menjadi Pantai Kita untuk Pulau C, Pantai Maju untuk Pulau D, dan Pantai Bersama untuk Pulau G. Daratan baru itu jika digabungkan pelafalannya menjadi Pantai Kita Maju Bersama.

"Jadi, kita kembalikan lagi kepada tata ruang yang benar. Namanya secara resmi menjadi kawasan pantai dan masuk dalam Kota Administrasi Jakarta Utara," kata Anies, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 26 November 2018.





(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi