Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta/MI/Panca Syurkani
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta/MI/Panca Syurkani

DPRD DKI Ingin Dilibatkan Dalam Pembahasan Penerapan PSBB

Nasional dki jakarta Virus Korona pemprov dki raperda dki PSBB
Kautsar Widya Prabowo • 07 Oktober 2020 20:32
Jakarta: Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DKI Jakarta kembali melanjutkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penanggulangan Covid-19. Salah satu pembahasan terkait pelibatan DPRD dalam pemberlakukaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
 
Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan mengatakan selama ini legislator Ibu Kota tak pernah dilibatkan jika Gubernur Anies Baswedan memperpanjang PSBB. Padahal DPRD merupakan representasi rakyat.
 
"Pernah gak Gubernur meminta mengundang DPRD untuk ini?" tanya Pantas kepada pihak eksekutif yang hadir dalam rapat di gedung DPRD DKI, Rabu, 7 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Permasalahan itu menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang mempertanyakan keberlanjutan PSBB kepada anggota dewan.
 
"Selama ini DPRD tidak diminta pertimbangan untuk mengeluarkan peraturan. Sementara seluruh aspek masyarakat sudah menuntut," ucap dia.
 
Baca: Kasus Covid-19 di DKI Bertambah 1.340 Orang Dalam 24 Jam
 
Atas hal tersebut, Pantas menambahkan norma yang terkait kerterlibatan DPRD dalam penetapan PSBB di Pasal 19. Isinya Anies boleh memutuskan pelaksanaan PSBB setelah memperhatikan saran dan masukan dari DPRD.
 
Sementara itu, Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Yayan Yuhana tak sejalan dengan pendapat tersebut. Sebab, dia khawatir keputusan pelaksanaan PSBB akan terhambat jika menunggu DPRD.
 
Dia mengeklaim sebelum memutuskan pelaksanaan PSBB, pihaknya melakukan evaluasi menyeluruh selama dua pekan penerapannya. Proses tersebut juga melibatkan para ahli dan pihak-pihak terkait.
 
"Dalam dua pekan itu kita evaluasi membahas saat itu juga, lalu keputusannya juga keluar saat itu juga," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif