Revitalisasi trotoar di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Foto: MI/Pius Erlangga.
Revitalisasi trotoar di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Foto: MI/Pius Erlangga.

Lalu Lintas Cikini Terhambat Proyek Revitalisasi Trotoar

Nasional trotoar
Antara • 09 Juli 2019 13:15
Jakarta: Arus lalu lintas di sejumlah titik Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, tersendat imbas adanya revitalisasi trotoar. Kendaraan harus menurunkan kecepatan saat melintas di lokasi.
 
Pantauan Antara, Selasa, 9 Juli 2019, di Jalan Cikini Raya, tepat di depan Gedung Menteng Huis, hanya satu jalur yang dapat dilalui kendaraan. Pasalnya, sisi kiri jalan dipakai untuk area parkir.
 
Dua jalur jalan dapat kembali digunakan di depan Taman Ismail Marzuki sampai Stasiun Cikini. Namun, kendaraan tidak dapat dipacu dengan kecepatan tinggi karena banyaknya kegiatan masuk-keluar kendaraan dari gedung di sepanjang jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendaraan juga banyak masuk-keluar dari jalan-jalan kecil seperti Jalan Cikini III, Jalan Cikini IV, dan Jalan Raden Saleh. Sebagian pengemudi kendaraan bermotor pun mengeluhkan kemacetan yang timbul dalam proses revitalisasi trotoar.
 
"Sebenarnya bagus sih, tapi jadinya makin macet nih. Apalagi pas jam pulang kerja," kata Heri, seorang pengemudi ojek daring.
 
Para pejalan kaki juga tidak dapat berjalan di trotoar pada beberapa titik pengerjaan revitalisasi trotoar. Mereka harus berjalan di jalan aspal meski dibatasi dengan pembatas temporer.
 
"Agak bahaya karena saya harus turun ke jalan. Yah mudah-mudahan setelah diperbaiki, bisa semakin nyaman jalan di trotoarnya dan tidak dipenuhi pedagang kaki lima (PKL)," tutur Sari, salah seorang pejalan kaki.
 
Baca: Penataan Kemang Menuai Reaksi Warga
 
Pengerjaan trotoar telah memperlihatkan hasil pada sejumlah titik seperti di depan Hotel Whiz Cikini. Namun, pada sebagian jalan lain seperti di depan kampus ABA, proses pengerjaan baru sampai pada pembongkaran conblock lama.
 
Proyek revitalisasi trotoar di Jalan Cikini Raya telah berlangsung sejak Juni dan direncanakan selesai pada Desember 2019. Dengan proyek ini, trotoar yang sebelumnya hanya memiliki lebar maksimal tiga meter akan dibesarkan menjadi sekitar empat sampai tujuh meter.
 
Proyek ini bagian dari rencana revitalisasi trotoar di Jalan Cikini Raya dan Jalan Kramat sepanjang 10 kilometer. Pengerjaan proyek ini memakan biaya sebesar Rp75 miliar.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif