Ilustrasi PKL. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Ilustrasi PKL. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Pemprov DKI Godok Aturan PKL Ramah Lingkungan

Nasional pedagang kaki lima (pkl) pkl penertiban pkl
Sri Yanti Nainggolan • 21 Oktober 2019 21:06
Jakarta: Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho berencana memberlakukan pedagang kaki lima (PKL) ramah lingkungan tahun depan. Mereka bakal menjadi bagian dari trotoar multifungsi.
 
"Baru digodok. Artinya sekarang lagi dibuat hasil, mudah-mudahan tahun ini ada hasil," kata Hari di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.
 
Hari menjelaskan, salah satu bentuk aplikasi trotoar multifungsi ialah PKL bisa berjualan asal lebar trotoar minimal lima meter. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hari berniat menerapkan sistem shift atau bergantian. Dia menuturkan PKL dibagi pada pagi, siang, dan malam.
 
Hari belum bisa membeberkan area-area yang akan diberlakukan trotoar multifungsi. Dia menargetkan area ramai pejalan kaki seperti Jalan Thamrin, Jalan Sudirman, atau Jalan Cikini.
 
Ia berharap PKL bisa melengkapi kebutuhan pejalan kaki. Apalagi, bentuk PKL lebih fleksibel, yaitu konsep food truck, sehingga pejalan kaki tak terganggu.
 
"Misalnya kita jalan kaki dari Thamrin ke Sudirman, jalannya luas dan jauh tapi tak ada satu pun penjual. Tak lengkap kan," ia mencontohkan.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif