NEWSTICKER
Pasar Tanah Abang. Foto: MI/Panca Syurkani
Pasar Tanah Abang. Foto: MI/Panca Syurkani

Pasar Tanah Abang Ditutup Sementara, Kecuali Blok G

Nasional Virus Korona tanah abang
Cindy • 26 Maret 2020 19:10
Jakarta: Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya menutup sementara sebagian pasar yang berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai Jumat, 27 Maret-5 April 2020. Penutupan meliputi Pasar Tanah Abang Blok A, B, dan F.
 
“Hanya Pasar Tanah Abang Blok G yang masih buka, namun itu terbatas kepada pedagang yang berjualan jenis bahan pangan saja,” kata Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Penutupan dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona (covid-19). Arief menuturkan kawasan Pasar Tanah Abang kerap ramai dikunjungi jelang Ramadan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengunjung Pasar Tanah Abang tak hanya dari Jakarta dan sekitarnya, melainkan banyak dari luar daerah, bahkan mancanegara. Pengelola menilai perlu pembatasan agar covid-19 tak menyebar di Pasar Tanah Abang.
 
Baca:Pasien Positif Korona di DKI Bertambah 53 Orang
 
Arief mengeklaim sudah melakukan komunikasi dan sosialisasi kepada pedagang sebelum kebijakan dibuat. "Baik pedagang dan manajemen sepakat untuk menutup bersama area pasar hingga batas waktu tersebut,” ucap Arief.
 
Perumda Pasar Jaya juga mengeklaim sudah melakukan sejumlah langkah pencegahan sejak pandemi global ini merebak di Jakarta. Manajemen Pasar Jaya melakukan pembatasan pintu akses masuk ke pasar.
 
Setiap pedagang dan masyarakat yang masuk akan diukur suhu tubuhnya. Jika suhu tubuh diatas 38 derajat celcius, maka dilakukan sejumlah penanganan khusus.
 
Pasar Jaya juga telah menyiapkan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di area pasar serta melakukan penyemprotan desinfektan. Penyemprotan telah dilakukan di seluruh sarana berjualan, kantor, fasilitas dan tempat ibadah yang ada.
 
“Bagi masyarakat dan pedagang juga kita ingatkan untuk selalu memantau media sosial resmi milik Pasar Jaya, atau jika ada pertanyaan bisa disampaikan di layanan call center kami dengan nomor 081280080063,” ujar Arief.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif