Rancangan revitalisasi TIM. Foto: Istimewa
Rancangan revitalisasi TIM. Foto: Istimewa

Ruang Terbuka Hijau di TIM Ditingkatkan

Nasional transisi taman ismail marzuki
Ilham Pratama Putra • 27 November 2019 03:34
Jakarta: Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Ismail Marzuki (TIM) ditambah. Penambahan ini merupakan visi dari revitalisasi yang akan berlangsung hingga Juni 2021.
 
"Nantinya kawasan TIM 27,2 persennya merupakan RTH atau luas tapaknya sebesar 18.810 meter persegi dari keseluruhan 72.551 meter persegi," kata Corporate Secretary Jakarta Propertindo (Jakpro), Hani Sumarno di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa 26 November 2019.
 
Penambahan ini meningkatkan RTH sebesar 16,2 persen. Sebelumnya kawasan TIM hanya memilki 11 persen RTH, atau dengan luas tapak 7.800 meter persegi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hani menyebut RTH kawasan TIM bukan sekedar penghijauan. Namun bisa dimanfaatkan untuk ruang ekspresi tambahan.
 
"Tersedia fasilatas yang memadai agar ekosistem itu bisa berkembang. Para seniman berkreasi, para seniman memiliki karya bagus tentu perlu ruang untuk menghadirkan karya-karyanya," jelas dia.
 
Secara keseluruhan garapan revitalisasi ini mencapai 16.985 meter persegi dari keseluruhan luas kawasan TIM yaitu 72.551 meter persegi. Atau dalam persentase hanya 23,15 persen dari keseluruhan wilayah TIM.
 
Rincian garapan Revitalisasi ini meliputi perpustakaan dan wisma TIM sebesar 3.000 meter persegi atau empat persen dari luas kawasan, Graha Bakti Budaya Budaya sebesar 2.000 meter persegi atau 2,75 persen dari luas kawasan, Masjid Amir Hamzah sebesar 960 meter persegi atau 1,3 persen dari luas kawasan.
 
Selanjutnya, Wisma Seni Budaya sebesar 1.165 meter persegi atau 1,6 persen dari luas kawasan, Planetarium dan kawasan melekat lainnya sebesar 6.560 meter persegi atau sembilan persen dari luas kawasan, dan Gedung Parkir sebesar 3.300 meter persegi atau 4,5 persen dari luas kawasan.
 
Jakpro berdiri sendiri untuk pengerjaan proyek. Tidak ada pihak swasta yang dilibatkan dalam pengerjaan revitalisasi ini.
 
Proses revitalisasi TIM memakan biaya hingga Rp1,8 triliun. Revitalisasi tersebut akan menggunakan penyertaan modal daerah (PMD) Jakpro yang telah masuk dalam APBD DKI Jakarta.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif