Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. Foto: Antara
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. Foto: Antara

Bestari: Pembebasan PBB Guru Jangan Hanya Wacana

Nasional pemprov dki penghapusan pbb pajak bumi bangunan
Nur Azizah • 24 April 2019 22:56
Jakarta: Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta mengapresiasi wacana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membebaskan pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi guru dan veteran. Namun wacana saja tak cukup. Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus pun mendesak agar Gubernur DKI Anies Baswedan segera mengeluarkan aturan tersebut.
 
"Kalau sudah disampaikan ke publik maka percepatlah administrasinya," kata Bestari saat dihubungi, Jakarta, Rabu, 24 April 2019.
 
Anies berencana membebaskan PBB untuk guru, veteran, pensiun PNS, purnawirawan TNI-Polri, hingga penerima bintang kehormatan dari Presiden. Dia juga akan bebaskan PBB untuk mantan Presiden dan Wakil Presiden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga:Guru dan Veteran DKI Bebas PBB
 
Wacana tersebut ramai diperbincangkan, namun hingga saat ini belum ada peraturan terkait. Bestari pun, meminta Anies untuk tidak sembarang mengeluarkan statement sebelum aturannya jelas.
 
Ia pribadi mendukung hal ini, sebab pembebasan PBB bagi golongan itu tak akan berdampak banyak pada pendapatan daerah. Mengingat Pemprov DKI memiliki APBD senilai Rp89 triliun.
 
"Pemasukan ataupun APBD kita cukup tinggi dan sekarang pun kelihatan sisa anggaran kita Rp17 triliun. Jadi, kalau kita berikan kebahagiaan pada masyarakat dengan berikan insentif (pembebasan PBB) wajar," ujar dia.
 
Bestari bahkan menyarankan Anies untuk menggratiskan PBB rumah dengan harganya di bawah Rp 2 miliar. Ini sesuai dengan tagline Anies saat kampanye lalu, 'Maju Kotanya, Bahagia Warganya'.
 
"Sehingga masyarakat kelas bawah itu merasakan betul kehadiran pemerintah. Dan saya meyakini kalaupun ada intensif seperti itu itu tidak akan ganggu APBD," pungkas Bestari.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif