Anies Pastikan Dukungan Data untuk Tilang Elektronik

Kautsar Widya Prabowo 25 November 2018 11:37 WIB
tilang elektroniksistem tilang elektronik
Anies Pastikan Dukungan Data untuk Tilang Elektronik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung langkah Polri dalam menjalankan sistem electronic traffic law enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik. Anies bakal menyiapkan data kependudukan.

"Bentuk dukungan dari Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI, data Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kita ngelink dengan yang ada di Polda Metro Jaya," kata Anies usai peluncuran E-TLE di kawasan bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu, 25 November 2018.

Menurut dia, dengan adanya data yang lengkap, malaadministrasi dapat dikurangi. Pasalnya, di lapangan banyak ditemukan kendaraan sudah dijual, tetapi dokumen kepemilikan tidak berubah. Potensi pajak tidak dibayarkan pun muncul.


"Cara ini harapannya bisa merapikan, menyinkronkan, antara data kepemilikan kendaraan bermotor dengan fakta kendaraan itu oleh siapa digunakan," imbuh dia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menjelaskan e-tilang mudah diterpakan Polda Metro Jaya di setiap sudut Ibu Kota. Namun, dukungan Pemprov DKI dibutuhkan.

Baca: Ditlantas Polda Metro Resmikan 3 Sistem Tilang Elektronik

"Bagaimana penempatan CCTV itu, perlu bantuan yang besar dari Pemprov DKI dalam penempatan CCTV," imbuhnya.

Mantan Wakapolri itu berharap pada 2045, masa keemasan Indonesia, CCTV sudah terpasang di setiap sudut DKI Jakarta. Fasilitas ini bakal menjadi sistem pemantauan lalu lintas.

"DKI dengan kurang lebih 20 juta, pada 2045 sudah ada CCTV, (membuat) petugas lalu lintas gampang dalam pengawasan," tambah dia.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id