Okupasi <i>Skybridge</i> Belum Jelas
Proyek pembangunan jembatan multiguna atau skybridge Tanah Abang di Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah.
Jakarta: Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi tak bisa memastikan kapan jembatan penyebrangan multiguna (JPM) Tanah Abang atau Skybridge diresmikan. Dia juga tak tahu kapan pedagang kaki lima (PKL) bisa menempati fasilitas ini.
 
"Belum tahu deh kalau PKL. Masih panjang kayaknya," kata Irwandi kepada wartawan, Senin, 26 November 2018.
 
Sejatinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan proyek JPM Tanah Abang kelar pada Jumat, 23 November 2018. Namun, Pemprov masih menunggu perombakan pintu masuk Stasiun Tanah Abang, sebagaimana kesepakatan Pemprov dengan PT KAI.
 
"Iya, nunggu connecting (terhubung), " kata dia.
 
Selasa, 27 November 2018, pihaknya bersama dinas-dinas terkait dan PD Sarana Jaya berencana meninjau progres kesiapan skybridge. Dari sana, kepastian pemindahan PKL Jatibaru ke skybridge baru diketahui. "Nah, paling besok kita diskusikan (soal PKL.”
 
Di sisi lain, terkait kesepakatan dengan PT KAI yang mengusulkan adanya toilet, Irwandi menyebut hal itu sudah rampung. Empat toilet sudah siap. Pihaknya tinggal membangun penghubung antara Stasiun Tanah Abang dengan skybridge.
 
"Sekarang ada pembuatan gate yang harus dikerjakan terus ada yang pengaturan in-out-nya penumpang. Udah disepakati, tinggal kita bangun sarananya," ujar dia.
 
Baca: PD Sarana Jaya Bangun Toilet dan Musala di Skybridge

Menurut dia, pemaksaan PKL pindah ke skybridge akan merugikan bila pintu penghubung itu belum rampung. Tanpa gerbang penghubung, aktivitas jual beli di skybridge akan lesu.

“Makanya evaluasi dulu bisa dinaikin apa enggak (PKL)," kata dia.
  
Sebelumnya, Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah menyatakan akan mengubah posisi pintu Stasiun Tanah Abang dalam waktu dekat. Hal ini untuk mengurai kepadatan penumpang kereta rel listrik (KRL) yang diproyeksi membludak saat JPM difungsikan.
 
"Flow penumpang kami sedang evaluasi dengan mendetailkan pergeseran gate. Apabila tidak digeser nanti hall di stasiun itu akan dipenuhi oleh para pengunjung," kata dia, Jumat, 16 November 2018.




(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id