Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal jalur pesepeda di Rawamangun. Foto: Medcom.id/ M Sholahuddin Azhar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal jalur pesepeda di Rawamangun. Foto: Medcom.id/ M Sholahuddin Azhar

Anies Jajal Jalur Sepeda Rawamangun-Balai Kota

Nasional jalur sepeda
M Sholahadhin Azhar • 20 September 2019 09:40
Jakarta: Gubernur Jakarta Anies Baswedan mencoba jalur sepeda dari Velodrome Rawamangun menuju ke Balai Kota. Koridor ini menjadi uji coba jalur pesepeda di Ibu Kota.
 
"Ini 23 kilometer pertama yang kita bangun, nantinya mayoritas jalan di Jakarta punya jalur sepeda," ujar Anies di Jakarta, Jumat, 20 September 2019.
 
Rute koridor melewativia Jalan Pramuka menuju Matraman, Jalan Proklamasi, Jalan Diponegoro dan Jalan Imam Bonjol. Rombongan Anies berhenti sebentar di bawah flyover Dukuh Atas dan melanjutkan perjalanan ke Balai Kota via Jalan Thamrin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pantauan Medcom.id, jalur sepeda yang diklaim Anies sementara ini hanya ditandai kerucut lalu lintas dan marka jalan. Namun, di jalur Pramuka dan Matraman tidak ada marka jalan, pesepada berbaur kemacetan dengan pengendara kendaraan bermotor.
 
Anies berdalih saat ini pihaknya tengah melakukan uji coba. Ke depan, jalur sepeda khusus akan didesain di beberapa ruas jalan Ibu Kota. Pengendara kendaraan bermotor akan diberikan tilang melewati jalur pesepeda.
 
"Nanti fase awal ada 63 kilometer jalur sepeda. Nanti menyesuaikan, ada yang diberi pembatas tapi ada lebar jalan yang tidak memungkinkan dikasi pembatas," kata Anies.
 
Menurut dia, jalur pesepeda mencontoh negara-negara lain. Tak semua jalan akan diberi jalur sepeda, namun Anies mematok jalanan Jakarta bakal dilengkapi fasilitas itu.
 
"Karena bagaimana menciptakan sepeda bukan hanya sebagai alat olahraga saja. Tapi sepeda sebagai alat transportasi," beber Anies.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif