Ilustrasi. Proyek reklamasi Teluk Jakarta terpantau dari udara. Foto: MI/Susanto.
Ilustrasi. Proyek reklamasi Teluk Jakarta terpantau dari udara. Foto: MI/Susanto.

Jakpro Bangun Lapangan Upacara 15 Hektare di Pulau Reklamasi

Nasional reklamasi teluk jakarta
Theofilus Ifan Sucipto • 21 Juni 2019 03:11
Jakarta: PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bakal membuat lapangan terbuka untuk upacara di Pulau C, atau yang dikenal dengan Pantai Kita. Luas lapangan upacara mencapai 15 hektare.
 
“Sekarang (pembangunan) yang berlangsung adalah pembangunan lahan upacara yang nanti akan dipergunakan untuk upacara bendera 17 Agustus," kata Direktur Pengembangan Bisnis Jakpro Hanief Arie Setianto di kantornya, Kamis, 20 Juni 2019.
 
Dia mengatakan pembangunan itu merupakan salah satu pelaksanaan pembangunan fasilitas publik di Pulau Reklamasi. Hal itu, kata Hanief, sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanief membeberkan luas lapangan upacara tersebut mencapai 15 hektare. Dia mengaku telah memiliki gambaran besar mengenai pembangunan di Pulau Reklamasi.
 
Baca: Kemampuan PT Jakpro Mengelola Pulau Reklamasi Dipertanyakan
 
Hanief mengatakan pembangunan tersebut sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 206 Tahun 2016 tentang Panduan Rancang Kota Pulau C, Pulau D dan Pulau E Hasil Reklamasi Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta. Hanief menyebut Pergub itu dibuat oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
 
Hanief menyatakan aturan bisa berubah jika ada revisi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) tuntas. Apalagi, tanggung jawab Jakpro mengelola Pulau Reklamasi tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 120 Tahun 2018 tentang penugsan kepada perseroan terbatas jakarta propertindo dalam pengelolaan tanah hasil reklamasi pantai utara Jakarta.
 
Baca: Anies Cari Celah Terbitkan IMB Reklamasi
 
PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan melanjutkan pembangunan di Pulau Reklamasi. Namun, proses pembangunan masih menunggu data dari Pemprov DKI Jakarta.
 
Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakpro, Hanief Arie Setyanto, menjelaskan Jakpro bertanggung jawab terhadap lahan kontribusi dan kerja sama pengelolaan sarana serta prasarana utilitas umum. Lahan kontribusi itu diberikan pengembang kepada DKI.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif