Tawuran antar ormas di Tanah Abang. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Tawuran antar ormas di Tanah Abang. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Tawuran Tanah Abang Diawali Pembacokan

Nasional tawuran tanah abang
Yurike Budiman • 26 Oktober 2019 01:22
Jakarta: Tawuran antar dua kelompok organisasi masyarakat di Jembatan Bongkaran Tanah Abang, Jakarta Pusat berawal dari pembacokan. Saksi berinisial F menyebut ada kelompok mendatangi DPC Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar (BPPKB) Banten.
 
"Mereka menanyakan Okis (Ketua DPC), dan dijawab tidak ada di tempat. Lalu mereka (orang tak dikenal) ngecek ke dalam kantor dan melakukan pengerusakan dan pembacokan," kata saksi kepada Medcom.id, Sabtu dini hari, 26 Oktober 2019.
 
Ada dua korban yang diserang pukul 16.00 WIB di DPC BPPKB Banten. Penyerang menggunakan golok dan samurai saat mendatangi para korban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengetahui anggota kelompoknya mengalami kekerasan, para anggota lain datang dan terjadi bentrok. Dua orang korban pembacokan kini dirawat di RS Tarakan, Jakarta Pusat
 
Terpisah, Kabid Organisasi Ikatan Keluarga Besar Tenabang (IKBT) Aden Heri Sumantri, membeberkan pemicu tawuran. Dia bilang penyebabnya yakni perebutan lokasi berdagang.
 
"Urusan perut kan, IKBT menarik diri dari konflik mereka ya," ujar Aden, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Ia mengaku sebelumnya sudah menyarankan agar membicarakan masalah tersebut secara baik-baik. "Kalau mau musyawarah itu kan harus dengan kepala dingin situasi kondusif. Apalagi bicara urusan matapencaharian," kata dia.
 
Diketahui, bentrokan ini melibatkan dua kelompok yakni Ormas Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar (BPPKB) Banten dengan pengelola Pasar Tasik.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif