Ilustarasi banjir di Jakarta.
Ilustarasi banjir di Jakarta.

Katulampa Siaga I, Bantaran Sungai di Jakarta Terancam Banjir

Nasional katulampa
Arga sumantri • 15 November 2015 21:34
medcom.id, Jakarta: Ketinggian air di Bendung Katulampa, Bogor, sempat menyentuh angka 210 sentimeter atau siaga I pada Minggu (16/11/2015) sekitar pukul 19.00 WIB. Atas kejadian itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau agar warga Jakarta tidak panik.
 
"Banjir yang akan terjadi diperkirakan tidak akan besar karena hujannya hanya lokal dan sesaat saja," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Minggu (15/11/2015).
 
Untuk warga yang tinggal di bantaran kali Ciliwung, BNPB menghimbau agar tetap waspada. Sebab, diprediksikan banjir akan menggenangi bantaran sungai di wilayah Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa wilayah bantaran sungai di Jakarta yang mesti waspada kiriman air dari Bendung Katulampa yakni, Kelurahan Pejaten Timur, Rawajati, Kalibata, dan Pengadegan. Selain itu warga bantaran sungai di Gang Arus Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, Kp. Melayu, dan Manggarai, juga mesti waspada.
 
"Begitupun warga sekitar Sungai Ciliwung di daerah Bogor dan Depok," ungkap Sutopo.
 
Menurut data yang diterima BNPB, tinggi muka Air di bendung Katulampa naik begitu cepat dari siaga 4 hingga siaga 1. Tercatat, saat pukul 18.00 WIB, tinggi muka air di Bendung Katulampa mulai masuk siaga 4 dengan ketinggian air 50 sentimeter. Hanya selang satu jam kemudian, tinggi muka air di Bendung Katulampa naik drastis hingga 210 sentimeter. Kondisi itu menyebabkan status Bendung Katulampa siaga 1.
 
"Akibat hujan cukup merata di wilayah Puncak, Bogor sejak pukul 15.00 WIB," kata penjaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman kepada Metrotvnews.com.
 
Tinggi muka air di Bendung Katulampa menurun 60 sentimeter sekitar pukul 19.30 WIB. Tingginya menjadi 150 sentimeter. Status bendung Katulampa pun menjadi siaga 3.
 
Namun, ketinggian air di Bendung Katulampa diprediksi masih fluktuatif. Sebab, hingga malam ini, hujan dengan intensitas ringan masih turun di kawasan puncak, Bogor.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif