Foto: Humas Pemprov DKI
Foto: Humas Pemprov DKI

Penanganan Banjir Jakarta

Terowongan Sodetan Kali Ciliwung Ditarget Rampung April 2023

Kautsar Widya Prabowo • 02 Desember 2022 04:04
Jakarta: Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan pembangunan terowongan sodetan Kali Ciliwung di Jalan Otista Raya dan Jalan Kebon Nanas rampung pada April 2023. Proyek ini menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta para pemangku kepentingan lainnya. 
 
"Di sini ada dua outlet, yang di bawah ini terowongan yang sudah hampir selesai dan tentunya nanti berfungsinya sekitar bulan Februari-Maret, paling lambat April 2023," ujar Heru saat meninjau langsung proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung (BKT) pada dua lokasi atau outlet, di Jalan Otista Raya dan Jalan Kebon Nanas, Jakarta Timur, Kamis, 1 Desember 2022.
 
Heru menyebut proyek terowongan sodetan ini mampu mereduksi banjir hingga 200 hektare. Selain itu, Heru memastikan proses pembebasan lahan terlaksana dengan baik. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diharapkan, masyarakat para pemilik tanah dan lahan yang terdampak pembangunan proyek  dapat tertangani dengan baik sesuai aturan.
 
"Pembebasan lahan sudah selesai. Ini tinggal di bawah tanah untuk bisa pembebasan di area ujung. Panjangnya 1,2 kilometer kalau yang di bawah sana," jelas dia.

Baca: Normalisasi Ciliwung Dilanjutkan, Dinas SDA Inventaris Lahan


Sementara itu, Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia, menjelaskan perkembangan pembangunan sodetan Kali Ciliwung telah mencapai 62 persen. Ia menjelaskan kendati kontrak pengerjaan proyek sodetan Kali Ciliwung itu hingga Agustus 2023, tetapi dapat diselesaikan lebih cepat.
 
"Dalam pembangunan ini, masalah pertama adalah mengatur lahannya. Tapi, berkat bantuan dari pemerintah daerah, masalah tanah tinggal tersisa yang satu di daerah outlet yang akan segera kami bebaskan," ujar Bob.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif