Ilustrasi banjir di Kemang/MI/Susanto.
Ilustrasi banjir di Kemang/MI/Susanto.

Jakarta Diprediksi Tenggelam pada 2050

Media Indonesia.com • 08 Agustus 2022 13:38
Jakarta: Penggunaan air tanah di DKI Jakarta tergolong cukup tinggi. Hal ini memicu land sinking atau penurunan permukaan tanah.
 
Direktur PAM Jaya, Arief Nasrudin memprediksikan Jakarta bakal tenggelam. “Prediksinya di tahun 2050, sebanyak 90 persen dari wilayah Jakarta, terutama di bagian utara itu akan bisa juga kemudian tenggelam,” ujar Arief dalam Webinar, Senin, 8 Agustus 2022.
 
Ia menjelaskan penggunaan air tanah yang masih tinggi ini bisa mengancam kehidupan di Jakarta. Karena menimbulkan banyak efek ekologi ke depannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Penggunaan air yang kemudian tidak segera diselesaikan dan terus mengambil air dari tanah yang memang semakin sinking pastinya,” kata Arief.
 

Baca: Langganan Banjir, Permintaan Turap Warga Cilandak Timur Belum Direspons Pemprov DKI


Penggunaan air tanah juga termasuk penyediaan air minum, saat ini masih belum cakupannya memenuhi dari keinginan masyarakat. Target PAM Jaya, pada 2030 bisa segera membantu masyarakat dalam hal kebutuhan air.
 
“Karena sekali lagi air menjadi kebutuhan dasar dari kehidupan manusia,” paparnya.
 
Beberapa strategi dilakukan untuk mengantisipasi itu. Seperti Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dari kali atau sungai yang ada di Jakarta.
 
“SPAM bertujuan untuk mempercepat kebutuhan dasar masyarakat di DKI, dan targetnya pelayanan 100 persen di tahun 2030,” ujarnya.
 
Ia mengatakan, dengan adanya SPAM juga dapat mengurangi penggunaan air tanah yang ada di DKI Jakarta. Lalu, hal ini juga agar masyarakat tidak terkontaminasi dari air tanah.
 
“Ini menjadi salah satu concern dari PAM dan pemprov dki karena efek ekologi proses ini cukup banyak mulai dari perubahan tanah yang kemudian menurun kondisi lingkungan,” kata dia.
 
(Mohamad Farhan Zhuhri)
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif